Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Oktober, Urusan Administrasi Alih Kelola SMA/SMK di Jabar Selesai

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17211.jpg

    BANDUNG-Mulai 1 Januari 2017 mendatang alih kelola SMA/SMK dari Pemerintah Kabupaten/Kota kepada Pemerintah Provinsi secara resmi akan dilakukan di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat. Namun, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengungkapkan bahwa segala urusan terkait administrasi alih kelola tersebut pada bulan Oktober 2016 mendatang akan selesai.

    Hal tersebut diungkapkan oleh Aher usai menyampaikan orasi ilmiah pada Wisuda STIE Ekuitas di Gor BJB Jl. Naripan Kota Bandung pada Sabtu (30/4/2016).

    "Peralihan itu terakhir Oktober. Oktober itu semua administrasi udah selesai baik SDM, aset, termasuk dokumen selesai. Tapi kita ingin cepet-cepet diawal Oktober 2016," kata Aher.

    "Adapun penyerahan secara resmi ya, semua pembiayaan, penggajian, dan lain-lain itu 1 Januari 2017," tambah Aher.

    Untuk itu, semua hal terkait SMA/SMK yang ada di seluruh Jawa Barat secara resmi akan tercatat dalam manajemen pengelolaan pemerintah provinsi pada Oktober. Menurut Aher, alih kelola tersebut menjadi sesuatu yang ideal karena ada pembagian kewenangan pendidikan, yakni pendidikan dasar (TK, SD, dan SMP) dikelola oleh pemkab/pemkot, pendidikan menengah (SMA/SMK) oleh pemprov, dan pendidikan tinggi oleh pemerintah pusat.

    Aher pun mempunyai keinginan bahwa semua sekolah khususnya sekolah tingkat SMA/SMK bisa menjangkau seluruh masyarakat usia sekolah atau pelajar yang ada di Jawa Barat. Untuk itu, pihak pemprov pun akan membangun ratusan sekolah baru untuk SMA/SMK serta ribuan ruang kelas baru untuk mendukung hal tersebut.

    "Semua masyarakat akan dibuka akses untuk bersekolah sebanyak-banyaknya, baik ke sekolah negeri maupun swasta karena nanti BOS Pemerintah Provinsi akan berlaku untuk (sekolah) swasta juga," ungkap Aher.

    Dengan alih kelola tersebut, Pemprov Jawa Barat pun akan menambah jumlah pegawai negeri, yaitu sekitar 28 ribu PNS baru yang merupakan para guru dari SMA

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus