Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RSUD R Syamsudin, SH, Sukabumi Buka Layanan Cathlab Jantung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17257.jpg

    KOTA SUKABUMI-Usai meresmikam Program Studi Di Luar Domisili (PDD) IPB Sukabumi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meresmikan penggunaan Klinik Cathlab (Cateterization and Laboratory) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin, SH, Kota Sukabumi, Jl. Rumah Sakit No. 1, Kota Sukabumi, Selasa (3/5/2016).

    Cathlab merupakan ruangan yang digunakan untuk melakukan tindakan CAG (Coronary Angio Graphy) dan tindakan intervensi PCI (Percutaneus Coronary Intervention) dan intervensi lainnya seperti radiologi intervensi. Namun dalam hal ini, Cathlab RSUD R Syamsudin, SH, Sukabumi memfokuskan diri pada pelayanan jantung.

    "Alhamdulillah RSUD R Syamsudin, SH, Sukabumi sudah punya Cathlab, dalam terjemahan bebasnya layanan penyakit jantung ya," ujar Aher dalam sambutannya.

    "Saya sudah melihat tadi, alatnya canggih dan harganya Rp 18 Milyar. Luar biasa. Tapi meskipun alatnya canggih kita jangan bercita-cita menjadi bagian dari alat itu," tambahnya.

    Di Jawa Barat baru ada tiga rumah sakit yang memiliki mesin Cathlab tersebut, yakni RSUD R Syamsudin, SH, Sukabumi, RS Al-Ihsan di Baleendah Kabupaten Bandung, serta di RS Santosa Kota Bandung.

    Aher berharap, dengan adanya klinik tersebut akan ada peningkatan layanan kesehatan masyarakat dari RSUD R Syamsudin, SH, Sukabumi. Namun, ia juga tetap berharap tidak akan banyak masyarakat Sukabumi dan Jawa Barat yang menggunakan alat tersebut.

    Untuk itu, Aher mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menggelorakan hidup sehat dan bersih dengan asupan makanan yang sehat, rajin berolahraga, serta tidak memakan junk food dan merokok.

    "Ke depannya tentu orientasi hidup kita harus orientasi sehat. Rumah sakit yang bagus adalah rumah sakit yang dihuni oleh orang-orang sehat. Jadi ketika ditanya nanti, pak ke rumah sakit, iya ke rumah sakit. Tapi jawabnya, saya ke rumah sakit bukan untuk mengobati penyakit tapi sedang mengontrol kesehatan saya. Gitu nanti bahasanya," kata Aher.

    Pelayanan Cathlab merupakan diversifikasi pelayanan baru di RSU R Syamsudin, SH, Sukabumi pada tahun ini. Mesinnya sendiri merupakan bantuan dari APBD Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2015. Pelayanan Cathlab di rumah sakit ini dijamin oleh BPJS namun dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku, artinya mulai dari indikasi dan kelas perawatan harus sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan oleh BPJS.

    Seperti yang dilansir Media Komunikasi Informasi dan Edukasi RSUD R Syamsudin, SH, besaran tarif Cathlab bervariasi dan didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan tentang Pentarifan Pelayanan BPJS, yakni mulai dari Rp 18 juta - 19 juta untuk 4 sten. Hal ini ditentukan oleh banyaknya sten (cincin) yang dipasang yang menunjukan berat ringannya penyakit yang diderita.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus