Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sinergikan Pelabuhan dengan Kelestarian Lingkungan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17423.jpg

    SUBANG - Menghadapi keberadaan Pelabuhan Internasional di Patimban Subang, perlu kesiapan kesadaran sosial dari sekarang. Menurut Senior Wanadri. Irawan Marhadi keberadaannya akan mengubah pola hidup masyarakat dan pola flora serta fauna di sekitarnya.

    Oleh karena itu fasilitas infrastruktur harus menjadi perhatian kita bersama.

    ”Silahkan buat Pelabuhan. Itu bagus dan kita dukung. Namun burung, kura-kura dan fauna lainnya jangan sampai tersisihkan. Begitu,” tegasnya ditemui di kantor Pemda Subang, Senin (16/5/2016).

    Oleh karena itu perlu dipersiapakan mental, fisik dan inteligensia masyarakat dari sekarang. Sebab  nantinya wilayah tersebut akan menjadi water front fasilitas terbuka untuk Jawa Barat dengan Pelabuhan Internasionalnya.

    Pada kesempatan tersebut Irawan bersama rekan lainnya melakukan presentasi mengenai menjaga kelestarian pesisir di sepanjang Pantai Utara Subang. Dari presentasi yang diuraikan Wanadri melihat potensi hayati pesisir Pantai Utara Subang masih cukup baik. Oleh sebab itu perlu dipertahankan dengan baik dan selanjutnya.

    Dari hasil pantauan Wanadri ditengah abrasi laut yang dialami pesisir pantai Subang masih menyimpan pohon-pohon bakau yang kondisiya sangat baik.

    Dengan luas hutan bakau sekitar tujuh ribu hektar, diantaranya ada yang tingginya mencapai 20 meter.

    ”Ini masih jauh lebih baik dibandingkan dengan hutan bakau di daerah pesisir pantura lainnya yang hanya 20 hektar,” paparnya.

    Oleh karena itu Wanadri menyatakan kesiapannya berbagi peran dengan Pemerintah Kabupaten Subang dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir pantura Subang. Yang menghasilkan sinergi saling mendukung. Sehingga keberadaan pelabuhan bisa tetap menjaga lingkungan pesisir. Baik lingkungan hayati (flora dan fauna) dan masyarakat pesisir itu sendiri.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus