Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pembangunan Harus Berkelanjutan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17434.jpg

    BANDUNG-Tanpa mengabaikan banyak keberhasilan yang telah dicapai, pembangunan ekonomi Indonesia selama ini masih menyisakan berbagai tantangan besar.

    Jutaan orang masih hidup dalam jurang kemiskinan; peningkatan kesejahteraan masih belum dinikmati merata di semua daerah; ketimpangan pendapatan cenderung meningkat dan demikian pula Kerusakan lingkungan terus terjadi, termasuk laju deforestasi yang merupakan salah satu tertinggi di dunia.

    Seperti yang diungkapkan oleh Prof. Dr. Armida Alisjahbana, SE, MA, Guru Besar Ekonomi, Universitas Padjadjaran, fenomena tersebut menunjukkan belum tercapainya pembangunan berkelanjutan.

    “Pembangunan berkelanjutan sering didefinisikan sebagai pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengurangi kesempatan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan kata lain pembangunan yang adil secara intra-generasi, dan antar-generasi,” katanya di Unpad Bandung.

    Prof. Armida lebih menyimpulkan bahwa masih banyak upaya yang harus kita tempuh agar Indonesia dapat mencapai pembangunan berkelanjutan yang hakiki.

    Pada bulan September 2015, negara-negara anggota PBB menyepakati agenda pembangunan berkelanjutan 2030 yang terdiri dari 17 tujuan, dan 169 target pembangunan berkelanjutan atau disingkat SDGs.

    “Kesepakatan global ini mempunyai arti sangat penting untuk Indonesia. SDGs membantu kita, terutama para pimpinan politik dan pengambil kebijakan, untuk senantiasa fokus pada agenda-agenda pembangunan prioritas yang sifatnya jangka panjang seperti SDGs,” tuturnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus