Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Triwulan I Tahun 2016, Ekspor Indonesia Menurun

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17449.jpg

    BANDUNG-Berdasarkan laporan yang dihimpun Kementerian Perdagangan, pada triwulan I, ekspor Indonesia jika dibandingkan dengan kondisi triwulan I tahun 2015, mengalami penurunan. Hal tersebut, diungkapkan Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Kemendag, Pradnyawati, dalam forum ekspor, yang berlangsung di Kantor BI Bandung, Rabu (18/5).

    Pradnyawati, lebih lanjut memaparkan selama Januari sampai April tahun 2016, nilai dan volume ekspor mengalami penurunan masing-masing 13,6 persen dan 9,2% YoY. Namun, dari beberapa komoditi yang masih mengalami peningkatan masih ada antara lain : perhiasan, bijih kerak abu logam, berbagai produk kimia, alas kaki dan pakaian jadi bukan rajutan.

    Pemerintah, untuk meningkatkan ekspor telah menyiapkan sejumlah langkah pertama, advokasi dalam penanganan kasus tuduhan dagang baik dumping, subsidi dan safeguard. Kedua, dwelling time yaitu waktu tunggu barang mulai diturunkan dari sarana pengangkut hingga keluar dari area pelabuhan didesain maksimal 4 hari serta ketiga, penyederhanaan prosedur perijinan ekspor-impor dengan target waktu penyelesaian 2 sampai 5 hari.

    Selain itu, promosi produk ekspor ke beberapa negara terus berlangsung. Beberapa produk asal Jabar, yang sudah dipromosikan ke Mancanegara diantaranya produk kopi yaitu jenis kopi gunung puntang, mekar wangi dan malabar money.

    Untuk transaksi kopi terbaru, ujar Pradnyawati  mencapai USD 35 juta atau setara Rp.470,55 miliar untuk 392 kontainer untuk setahun ke depan. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus