Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Masyarakat Harus Lakukan Riset Kebencanaan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17529.jpg

    BANDUNG-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei mengatakan, pihaknya mendorong peneliti, praktisi maupun masyarakat peduli bencana untuk melakukan riset-riset terkait kebencanaan.

    “Riset dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan penaggulangan bencana di Indonesia yang hasilnya dapat dibagikan kepada komunitas internaional,” ucapnya.

    Menurut Willem, BNPB telah melakukan berbagai upaya dalam penanggulangan kebencanaan, salah satunya dengan melakukan riset-riset yang melibatkan berbagai pihak.

    “Tantangan saat ini yaitu terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan dokumentasi hasil riset yang belum terkoordinasi dengan baik,” ujar Willem, dalam pembukaan Pertemuan Ilmiah Tahunan membuka PIT ke-3, di Aula Barat ITB, Senin (23/05).

    Willem mengatakan, para pelaku peneliti atau pakar, merupakan potensi sumber daya pengetahuan Indonesia yang hingga saat ini belum terwadahi dalam suatu koordinasi yang baik sehingga informasi sebaran peneliti dengan keahliannya masih sulit terjangkau oleh peneliti lain.

    “Banyak SDM yang paham terkait kebencanaan yang sulit dijangkau oleh peneliti lain, termasuk oleh para pelaku penanggulangan bencana, termasuk para pengambil kebijakan penanggulangan bencana di Indonesia,” katanya.

    Willem juga berharap, dalam PIT ke-3 ini dapat melahirkan rekomendasi-rekomendasi , khususnya dalam konteks pengurangan resiko bencana (PRB) yang bermanfaat dalam penanggulangan bencana di Indonesia. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus