Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Revitalisasi Seni Ajeng Cileungsi Bogor

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17601.jpg

    BANDUNG- Balai Pengelolaan Taman Budaya Disparbud Jabar melalui Seksi Pengembangan dalam tahun anggaran 2016 ini, melakukan revitalisasi seni Ajeng di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Kegiatan revitalisasi dilakukan karena kesenian tradisional tersebut hampir punah.

    “Kesenian Ajeng ini perlu segera diselamatkan, karena setelah kami mencoba untuk melihat lebih dekat dan lebih jelas lagi, ini sangat mengkhawatirkan karena hanya tinggal seorang tokoh dan hanya beberapa unit alat keseniannya saja yang masih ada. Sedangkan konon katanya, menurut keterangan-keterangan masyarakat di situ, kasenian ini merupakan kesenian yang boleh dikatakan kesenian ekspresinya orang-orang Cileungsi, Kabupaten Bogor,” tutur Kepala Seksi Pengembangan Balai Pengelolaan Taman Budaya Disparbud Jabar, Iwan Gunawan, S.Sn, MM kepada Jabarprov.go.id.

    Iwan menjelaskan, kesenian Ajeng dulu dipertunjukan dalam acara-acara atau kegiatan yang sipatnya ritual, misalnya upacara syukuran tanah, kemudian pada acara-acara pertanian. Selain itu, pada perhelatan-perhelatan sukur bumi yang dilaksanakan oleh masyarakat Cileungsi. Bahkan konon katanya, dulu juga pernah dipertunjukkan dalam perhelatan hajatan.

    “Ini suatu kesenian yang sebenarnya mungkin kalau dikembangkan atau dihidupkan kembali, bisa membanggakan bagi kita semua,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus