Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Manfaatkan Kulit Kerang, Mahasiswa ITS Juara Lomba Inovasi Holcim

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/holcim-fund2.jpg

    Bandung – Kulit kerang terutama kerang laut yang selama ini terbuang percuma sebagai limbah hasil tangkapan ikan laut ternyata dapat dimanfaatkan menjadi salah satu konsentrat bahan bangunan. Tiga mahasiswa dari Kampus ITS Surabaya yang memulainya.

    Menurut Deni Erfianto, salah satu mahasiswa yang mencoba memanfaatkan kulit kerang tersebut, di Surabaya setahunya terdapat potensi kulit kerang 1000 ton. Kulit itu hanya sebagian kecil yang dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan, sebagian besar dibuang percuma.

    “Kerang itu terbuat dari bahan kapur, sehingga sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan jika dicampur dengan semen dan pasir,” ujar dia.

    Hasil penemuan Deni yang di bantu dua rekan lainnya yakni Prayogi dan Helda, semuanya mahasiswa semester enam Jurusan Teknik Sipil ITS, kemudian diajukan dalam lomba berburu inovasi Holcim.

    Ide yang dibuat adalah memanfaatkan kerang tersebut untuk membuat Porous Concrete, semacam con block yang dapat digunakan sebagai lantai parker atau taman.

    “Con blok itu memiliki fungsi hijau, yakni air bisa meresap kedalam tanah sehingga tidak menyebabkan banjir.  Sisi ekonomisnya adalah memanfaatkan barang yang terbuang,” ujar dia.

    Porous Concrete itu memiliki kekuatan 18 mpa. Deni dan kawan-kawannya masih terus berupaya untuk menambah kekuatan hingga 20 mpa. “Kekuatan itu sudah cukup jika dilintasi kendaraan roda empat.”

    Atas hasil inovasi mereka, Holcim memberikan anugerah juara pertama. Hadiah berupa beasiswa dua semester plus kunjungan ke proyek Holcim di Singapura.

    Selain Deni, Holcim juga memberikan hadiah yang sama untuk pemenang kedua dan ketiga. Pemenang kedua dari kampus UNS berupa inovasi pembuatan toilet portable sementara pemenang ketiga berupa flow wall yakni dinding yang bisa tahan panas. Hadiah sendiri diserahkan oleh Patrick Walser, Direktur Marketing dan Inovasi Holcim di Bandung.

    Ivano Zandra, Transformational & Technical Manager Holcim mengatakan Holcim Innovation Hunt yang pertama diselenggarakan ini sebagai upaya untuk menggali potensi generasi muda khususnya mahasiswa yang tertarik pada bidang konstruksi.

    “Ternyata kami melihat begitu banyak inovasi yang dikeluarkan mahasiswa, mudah-mudahan dapat menjadi bagian dari pembangunan nasional.”

    Dia menyebutkan sebanyak 45 desain diikutsertakan dalam lomba yang dilaksanakan pada Oktober-November 2011. Dari jumlah tersebut sebanyak 11 peserta masuk nominasi dan terpilih tiga pemenang.

    “Ini baru inovasi, langkah kedepannya diharapkan bisa diimplementasikan dalam kehidupan keseharian,” ujar dia. teguh

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus