Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Rp 15 Miliar Untuk Operasi Pasar Murah 2016

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17829.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelontorkan dana senilai Rp 15 miliar untuk Operasi Pasar Murah Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) 2016. Dana tersebut akan digelontorkan untuk mensubsidi bahan-bahan pokok sehingga masyarakat dapat membelinya dengan murah.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar, Hening Widiyatmoko menuturkan, ruang lingkup serta pedoman operasi pasar murah ini meliputi kegiatan berbasis perdagangan komoditi pangan yang dilakukan oleh penyedia komoditi kebutuhan pokok dengan harga yang telah mendapat subsidi dari pemerintah provinsi.

    "Belanja subsidi kepokmas ini bersumber dari APBD tahun 2016 senilai Rp 15 miliar," tutur Hening, Senin (13/6).

    Dia menuturkan, jenis komoditi kebutuhan pokok yang disediakan untuk kegiatan operasi pasar murah ini meliputi beras premium produksi dalam negeri pengadaan tahun berjalan, gula kristal putih bukan rafinasi, minyak goreng kemasan produksi dalam negeri, telur ayam negeri daging ayam dan daging sapi.

    Besaran subsidi operasi pasar murah kebutuhan pokok sendiri yakni beras Rp 5000/kilogram, gula kristal putih Rp 6000/kilogram, minyak goreng Rp 6000/liter, telur ayam negeri Rp 10 ribu/kilogram, daging ayam Rp 17 ribu/kilogram, daging sapi Rp 60 ribu/kilogram.

    "Sistem OPM Kepokmas sendiri menggunakan kupon. Masing-masing KK akan mendapatkan kupon," tutur Hening.

    Berdasarkan data yang diterima, OPM Kepokmas ini akan digelar di setiap kabupaten/kota di Jabar. Berikut jadwalnya, Kecamatan Astana Anyar tanggal 8-9 Juni 2016, Kecamatan Sukajadi, 14-15 Juni 2016, Gedung Sate Jalan Diponegoro, Bandung 22-23 Juni, Pasar Soreang 3 Juni 2016, Pasar Baleendah, 6 Juni 2016, Pasar Majalaya 10 Juni 2016, Sementara di 13 Juni 2016 digelar OPM di Pasar Kosambi Jalan Ahmad Yani, Pasar Cihaurgeulis, Pasar Sederhana, Pasar Antri dan Pasar Cimindi.

    "Seluruh Kabupaten Kota digelar OPM kecuali tiga kabupaten/kota yang tidak digelar karena sudah menanggarkan untuk OPM. Ketiga kabupaten Kota tersebut ialah Kota Depok, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bekasi," jelas Hening. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus