Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher Akan Bantu Pengembangan Masjid Karawang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17832.jpg

    KARAWANG-Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan sampaikan santunan kepada kaum Dhu’afa di Kabupaten Karawang sebesar 50 juta rupiah. Bantuan tersebut secara simbolis diterima oleh Wakil Bupati Karawang.

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat juga akan memberikan bantuan untuk pengembangan dan perluasan areal Masjid Agung Karawang dari anggaran keseluruhan sebesar 30 milyar rupiah.

    Hal demikian terungkap saat pelaksanaan safari Ramadhan di BKPP Wilayah II, bertempat di Masjid Agung Karawang, Senin (13/6) malam.

    Aher  dalam sambutan sebeluma pelaksanaan sholat taraweh menjelaskan tentang keberadaan masjid Karawang. Menurutnya, Masjid Agung Karawang merupakan masjid pertama yang didirikan di Tanah Jawa oleh Syekh Hasanudin atau yang dikenal dengan Syekh Quro. Secara historis memiliki nilai sejarah penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Tanah Jawa.

    Menurut Gubernur yang biasa disapa Aher ini, keberadaan masjid menjadi sangat penting dalam kehidupan sosial khususnya untuk membentuk karakter masyarakat. Ketika orang masuk masjid dan melaksanakan ibadah, paling tidak dia tidak melakukan dosa. Kalaupun sebelumnya misalnya di pasar atau di kantor melakukan pelanggaran, maka sekembalinya dari masjid dia memiliki semangat untuk memperbaiki atau berusaha untuk tidak mengulanginya lagi,ujar Aher.

    ”Mudah-mudahan sekembalinya dari masjid sadar akan pelanggaran (yang dilakukannya) bahkan pelanggaran yang dilakukan berusaha memperbaiki,” ujarnya.

    Di masjid lahirnya kebaikan-kebaikan. Setelah masjid dibangun perlu membangun isinya. Dalam arti membangun kegiatan yang bermanfaat.

    ”Jangan sampai sesudah masjid dibangun kita tidak membangun isinya (kegiatan yang bermanfaat di masjid),” ujarnya.

    Seyogyanya keberadaan masjid harus menjadi sumber kebaikan dan hidayah bagi umat.

    ”Kita berlindung supaya tidak terkena oleh sabda Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa nanti diakhir jaman banyak masjid berdiri dengan megah tetapi kosong oleh hidayah. Oleh karena itu perlu dibangun kegiatan di dalam masjid,” paparnya.

    Selanjutnya ditegaskan bahwa menjadi kewajiban pemerintah untuk membuat rakyatnya mencintai dan betah di masjid dengan kegiatan-kegiatan positifnya.

    Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pimpinan daerah se-BKPP Wilayah II Jawa Barat, yaitu dari Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus