Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Plt Bupati Subang: ODOJ Bangun Kebiasaan Warga untuk Membaca

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_17914.jpg

    Subang- Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih merasa prihatin atas pengaruh negatif akibat kemajuan teknologi informasi yang umumnya berpengaruh buruk pada perilaku generasi muda. Dirinya mnegingatkan kepada orang tua apabila anaknya terlalu asyik dengan gadget.

    ”Apabila orang tua melihat anaknya anteng dengan HP-nya segera diperiksa. Apa yang dilihatnya (dalam HP),” ujarnya dalam sambutan pada Kegiatan Meet and Greet Odojer Masyarakat Subang di Masjid Agung Al-Mushabaqah, Minggu (19/6/2016).

    Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Subang dengan memberlakukan Peraturan Bupati (Perbup) No. 23 tahun 2015 tentang kewajiban membaca selama 2 jam yaitu dari pukul 6 sore sampai pukul 8 malam.

    Kata dia, jenis bacaannya apa saja asalkan yang bermanfaat. “Yang dibacanya apa saja. Apakah itu pelajaran, pengetahuan umum atau Qur’an,” imbuhnya.

    Sehingga pada waktu-waktu tersebut nantinya tidak ada anak-anak sekolah yang berkeliaran dengan kegiatan yang kurang baik. Perbup ini telah berlaku, “Apabila nanti ditemukan ada anak yang berkeliaran pada waktu tersebut akan dikenai sanksi,” ujarnya.

    Adapun tujuan dari Perbup ini, katanya adalah untuk menciptakan generasi muda yang memiliki wawasan luas dan berakhlak mulia.

    Keberadaan Komunitas atau One Day One Juz (ODOJ) adalah hal yang menurutnya mendukung pada program kewajiban membaca terutama pada Program Gapura Perak.

    "Maka dengan keberadaan komunitas ODOJ bisa bersinergi mendukung program Gapura Perak (Pendidikan untuk Rakyat, pen)," katanya.

    Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Subang memerlukan sinergi-sinergi dengan semua pihak dalam menghadapi tantangan.

    "Sekarang kegiatan membaca (Al-Qur’an) telah ada komunitasnya bahkan ada pengurusnya,” katanya lagi.

    Pada kesempatan tersebut Imas dinobatkan sebagai Pelindung sekaligus Anggota Kehormatan Dewan Pengurus Area (DPA) ODOJ Subang. Penobatan ditandai dengan penyematan pin oleh Sekertaris Umum DPA ODOJ Subang, Sri Nurhayati S. Pd.

    Ketua DPA ODOJ Subang, Bambang Trihardiono, SP, menyebutkan keberadaan ODOJ bisa saling memberikan dukungan antara kedua belah pihak (pemerintah dan masyarakat) dalam pembangunan. Sebab dalam aktifitas ODOJ selalu diiringi dengan kajian-kajian isi Al-Qur’an melalui kegiatan Kajian Al-Qur’an ala Ustadz (Kalqulus).
    Hal senada dikatakan oleh Ketua Kalqulus, Andri Darmawan, S.STP, MM, bahwa antara pemerintah Kabupaten Subang dan Komunitas ODOJ bisa nyambung. Terutama dalam mendukung kebiasaan membaca.

    "Ini sesuai dengan Perbup (No. 23 tahun 2015). Kami dengar Ibu (Plt Bupati) pun merasa ini suatu yang bisa nyambung," ujar kandidat doktoral IPDN ini kepada penulis.

    Pada kesempatan itu juga dibagikan ta'jil kepada warga Subang yang dibagikan di sekitar Masjid Agung Subang dan pembagian donasi kepada yatim dan du'afa yang dibagikan langsung oleh Plt Bupati dan Ketua Kalqulus.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus