Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemerintah Jangan Buntu Mengatasi Kemacetan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18154.jpg

    BANDUNG–Wakil Ketua Komisi V DPR RI Yudi Widiana, dalam releae yang diterima jabarprov.go.id, Rabu (5/7) mengatakan pihak Komisi V DPR RI, menyesalkan lambannya penanganan kemacetan pada musim mudik tahun ini. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan  jangan buntu mencari solusi untuk mengatasi kemacetan tersebut, khususnya di beberapa ruas tol yang mencapai puluhan kilometer

    “Sudah jauh-jauh hari kami ingatkan agar pemerintah dan instansi untuk menyiapkan skenario untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan pada penyelenggaraan mudik sehingga lebih baik dari tahun lalu. Tapi, sepertinya pemerintah buntu untuk mengantisipasi kemacetan ini. Buktinya, kemacetan makin parah terutama di ruas tol,” jelas Yudi.

    Diketahui, kemacetan parah puluhan kilometer tersebut masih terjadi hingga kini, khususnya di pintu tol Brebes Timur dan Tol Kanci-Pejagan. Oleh karena itu,  pemerintah seharusnya sudah menyiapkan rencana cadangan (contingency plan) untuk memitigasi kemacetan ini. Apalagi,pemerintah sebelumnya sudah memprediksi bakal terjadi kemacetan parah di simpul tersebut.

    Pihak pemerintah, juga prihatin dengan nasib ribuan pemudik yang terjebak kemacetan hingga belasan jam. Terlebih mereka harus terjebak dalam kondisi gelap karena minimnya penerangan dan kekurangan makanan.

    “Nasib pemudik yang terjebak kemacetan berjam-jam ini harus diperhatikan juga oleh penyelenggara jalan tol dan pemerintah. Setidaknya, ada pembagian minuman untuk berbuka atau sahur. Apalagi sampai ada yang depresi karena terjebak kemacetan berjam-jam.

    Dari informasi yang dihimpun, Kepolisian RI sudah memprediksi bakal terjadi kemacetan parah di pintu tol Brebes Timur mengingat jumlah kendaraan yang bakal melewati tol tersebut sangat banyak. Di sisi lain, seluruh jalur yang bisa dipergunakan untuk rekayasa lalu lintas, berujung kembali menuju tol Brebes Timur.

    Terkait kegagalan pemerintah dalam mengantisipasi kemacetan tersebut, pihak  Komisi V DPR RI  akan menggelar rapat evaluasi pelaksanaan mudik 2016 seusai libur bersama. Hal itu, sudah menjadi kesepakatan Komisi V DPR RI dan pemerintah.(NR) 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus