Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher Ajak Warga Libur Lebaran 2016 di Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18184.jpg

    SUKABUMI-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengajak warga selepas silaturahim, untuk menghabiskan libur lebarannya ke sejumlah obyek wisata di Jawa Barat (Jabar).

    Menurut dia, dengan libur Idul Fitri 2016 selama sepekan dan libur sekolah hingga (rata-rata) tanggal 18 Juli nanti, maka terbuka peluang menjajal banyak obyek wisata di Tatar Pasundan ini.

    Data yang dihimpun menyebutkan destinasi wisata di Jabar sedikitnya terdapat 1.480 objek wisata yang telah diinvetarisasi, yang mana dari jumlah tersebut, ada 70 objek potensial tersebar di 27 kota dan kabupaten.

    Dari jumlah objek wisata tersebut, sambung Aher, rata-rata kunjungan wisatawan nusantara mencapai 35-40 juta orang per tahun sementara tingkat kunjungan mancanegara mencapai satu juta orang per tahun. 

    "Sebagai provinsi yang besar, obyek wisata alam, buatan, dan kombinasi keduanya, Jabar punya segalanya. Setelah silaturahmi, mari berwisata pada destinasi wisata Jabar," katanya di Sukabumi, Kamis (7/7/2016).

    Menurut Aher, karunia Allah Swt membuat provinsi tersebut memiliki obyek karunia yang demikian indah dan melimpah. Baik di Jawa Barat bagian barat, selatan, tengah, dan utara, seluruh destinasi hadir dengan istimewa.

    Gubernur Jawa Barat menyebutkan sejumlah obyek wisata andalan dalam libur lebaran 2016 yang merepresentasikan unggulan tiap wilayah geografis dan cocok dikunjungi keluarga.

    “Di Sukabumi ini saja sudah ada minimal dua tempat yang asyik buat dikunjungi yaitu Pantai Pelabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh,” katanya.

    Aher lalu menyebutkan Gunung Tangkuban Perahu, yang merupakan salah satu gunung masih aktif di Indonesia. Di Gunung ini, pengunjung dapat melihat kawah yang jumlahnya 10 buah. Namun diantara kawah Gunung Tangkuban Perahu tersebut ada tiga paling sering dikunjungi wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas.

    Di kawasan selatan Jabar, ada Kawah Putih yang berada di bawah kaki Gunung Patuha, Kab. Bandung. Kawah ini memiliki warna berubah-ubah apabila terkena sinar matahari. Secara umum, kawah putih merupakan kawah berwarna kehijauan dan diselimuti kabut asap tipis serta mengandung belerang sangat kuat.

    Tak jauh dari sana, ada Situ Patengan.  Ini danau luas sekitar 45.000 ha dan berada di ketinggian 1600 mdpl. Makanya, Situ Patengan memiliki udara sangat sejuk. Daya tarik selain pemandangannya yang indah, adalah pengunjung dapat naik ke perahu dan mengelilingi situ termasuk ke Pulau Asmara dan Batu Cinta.

    Di Jawa Barat bagian barat, ada Kebun Raya Bogor. Merupakan tempat wisata tempat melestarikan aneka ragam tumbuhan di Indonesia. Kebun seluas 87 ha dan memiliki koleksi pohon dan tumbuhan 15.000 jenis. Di sini, terdapat berbagai pohon dan tanaman khas Indonesia.

    Selain sejarahnya, Kebun Raya Bogor juga memiliki daya tarik lain, yaitu adanya bunga bangkai atau Amorphophalus titanum. Pada saat berkembang dan mekar bunganya, bunga ini menebarkan bau yang mirip bangkai. Namun munculnya bunga ini tidak setiap hari, hanya waktu-waktu tertentu saja.

    Di Kota Bandung, terdapat banyak obyek. Mulai wisata kuliner, wisata alam, hingga destinasi buatan seperti Trans Studio Bandung, yang menawarkan berbagai macam wahana permainan yang dapat dinikmati anggota keluarga di area Bandung Supermal seluas 4,2 ha.

    "Untuk pantainya, Jabar punya Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, dan Pantai Ujung Genteng. Ketiganya memiliki pemandangan sangat bagus. Masing-masing memiliki beberapa topografi, mulai pantai curam sampai landai, tebing karang terjal, ombak laut sangat besar, hingga dilengkapi hutan cagar alam," katanya.

    Sementara di kawasan Jabar utara, pungkas Aher, pengunjung bisa wisata belanja batik Trusmi serta wisata kuliner di Cirebon hingga melihat penangkaran buaya di Blanakan, Subang, serta melepas lelah pada wisata alam seperti Pantai Patimban dan Pondok Bali.

    Untuk masalah keamanan, Aher menegaskan agar masyarakat tidak usah terlalu terpengaruh dengan adanya pemboman di Solo ataupun Arab Saudi. “Tidak usah khawatir, insya Allah di Jawa Barat, Polda, TNI dan semua stake holder menjamin keamanan masyarakat dari gangguan keamanan termasuk terorisme. Makanya kita saya bilang siaga satu. Bukan berarti mencekam, tapi maksudnya adalah kita mengamankan sekuat tenaga agar tetap aman,” ujarnya.

    “Jawa Barat adalah bagian dari Indonesia dan insya allah keamanannya luar biasa. Harus kita syukuri Jawa Barat sebagai wilayah terpadat di Indonesia memiliki rasa aman yang tinggi,” tambahnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus