Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Potensi Kerugian PD Kebersihan Kota Bandung Capai 1 M

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18383.jpg

    BANDUNG-Potensi kerugian PD Kebersihan Kota Bandung sebagai BUMD pengelola sampah di Kota Bandung mencapai Rp 1 M per bulan. Hal itu diungkapkan Dirut PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana di Bandung, Rabu (27/7).

    "Hitung-hitungan itu kita dapat setelah mengetahui banyak hotel dan restoran besar yang membayar retribusi sampah tidak sesuai aturan. Saya cek salah satu hotel bintang 4 di Bandung hanya membayar retribusi sampah Rp 150.000 per bulan padahal harusnya dengan volume sampah yang dihasilkan bisa jutaan bayarnya" ujar Deni.

    Belum lagi mal-mal besar, indikasinya sama, mereka hanya membayar ratusan ribu rupiah padahal seharusnya jutaan rupiah per bulan.

    Atas temuan itu, menurut Deni, PD Kebersihan saat ini sudah membentuk tim khusus untuk melakukan uji petik volume sampah yang dihasilkan oleh mal dan hotel agar bisa dihitung ulang berapa retribusi sampah yang harus dibayar.

    "Kita bentuk tim khusus untuk melakukan uji petik ulang terhadap hotel dan mal, agar kita tahu pasti berapa retribusi sampah yang harus dibayar mereka ke PD Kebersihan" jelasnya.

    Namun Deni mengakui, saat ini masih menemui kendala dalam mengelola sampah di Kota Bandung, diantaranya dengan adanya oknum-oknum yang bermain dalam persampahan, diantaranya yang memanipulasi volume sampah dan membuang sampah sendiri ke TPS secara diam-diam. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus