Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bantuan ke Maestro Seni Tari Mimi Tumus

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18652.jpg

    KOTA CIREBON-Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan bantuan kepada salah satu maestro tari asal Cirebon, Mimi Tumus. 

    Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada perempuan berusia 84 tahun ini atas dedikasinya terhadap pelestraian seni tari topeng, khususnya Tari Topeng Kelana.

    "Mimi Tumus ini salah satu magnet dari Gotrasawala 2016. Ketika kita bicara past (masa lampau). Karena Gotrasawala ini past, present, and future," kata Wagub usai hadir di acara Welcome Dinner Gotrasawala 2016 di Keraton Kasepuhan Cirebon, Kota Cirebon, Jumat malam (12/8/16).

    "Yang sekarang ini ada itu dari salah satu komunitas lingkungan hidup menyediakan tempat untuk berlatih. Tetapi gamelannya ga ada. Saya kira gamelannya bisa diberikan di (APBD Jabar) Perubahan," tambahnya.

    Lanjut Wagub, hadirnya maestro seniman tari Mimi Tumus ini penting dalam Gotrasawala. Menurutnya, Gotrasawala bisa menjadi wadah berbagai eksplorasi, kreativitas seni-budaya di wilayah Jawa Barat, dan mengangkatnya ke panggung internasional. Untuk itu, tujuan dari Gotrasawala ini bukan untuk mengambil budaya dari luar ke dalam, akan tetapi agar seni budaya kita bisa bersaing dan go-Internasional.

    Wagub juga menambahkan, bahwa event ini juga bisa menjadi wadah bagi para pelaku seni-budaya Cirebon untuk menyusun pertalian seni budaya pesisir Cirebon dengan seni budaya internasional, sehingga seniman dari luar bisa memberikan inspirasi bagi seniman Cirebon, dan sebaliknya seniman  dari luar juga menyerap inspirasi dari seniman Cirebon.

    "Jadi bagaimana kita mengangkat seni dan budaya Jawa Barat ke pergaulan internasional. Jadi bukan mendatangkan orang untuk kita lihat disini, tapi bagaimana kita bisa kerjasama dengan mereka, sehingga budaya kita bisa masuk dalam pergaulan internasional," tutur Wagub.

    "Mimi Tumus merupakan salah satu magnet, bagaimana Tari Topeng Kelana dari Desa Kreyo yang sudah hampir punah tapi masih dipertahankan oleh seorang perempuan tua 84 tahun yang penuh semangat. Makanya kita akan kasih bantuan kepada dia supaya terlestarikan. Karena beliau seorang maestro di samping juga buat keseharian dia, jangan sampai menjadi tukang pijit. Jadi dia mengajar saja seharusnya kepada generasi muda," kata Wagub.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus