Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BOS Pemkab Bandung Diluncurkan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/BOS-KAB.jpg

    Bandung - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tahun 2011 senilai Rp 285, 40 miliar mulai dikucurkan di Kabupaten Bandung. Dana sebesar itu, masing-masing berasal dari APBN sebesar Rp 224.13 miliar, APBD Provinsi Jawa Barat Rp40.15 miliar dan APBD Kabupaten Bandung R. 21.13 miliar.

    Bupati Bandung Dadang Mohamad Naser menyebutkan, dana BOS yang dikucurkan di Kabupaten Bandung merupakan terbesar di Indonesia. Oleh karena itu perlu penanganan yang maksimal dan professional.

    BOS yang dikucurkan di Kabupaten Bandung menurut Dadang M Naser untuk meningkatkan taraf pendidikan masyarakat. Karena menurutnya, untuk merebut persaingan pada era globalisasi harus diimbangi dengan tingkat pendidikan masyarakat yang tinggi.

    “Itu merupakan salah satu komitmen saya sebagai Bupati Bandung untuk lima tahun kedepan,” ucap Dadang M Naser.

    Data yang diperoleh dari Bappeda Kabupaten Bandung mengungkapkan, Angka Melek Huruf (AMH) Kabupaten Bandung pada tahun 2010 sudah mencapai 98,41, sementara Rata-rata Lama Sekolah (RLS) pada tahun yang sama sebesar 9,02.

    Sedangkan Angka Partisipasi Kasar (APK) SD dan SMP sebagai salah satu indikator penuntasan program wajib belajar 9 tahun, hingga tahun 2005 lalu untuk tingkat SD sudah mencapai 115% dan tingkat SMP pada tahun 2009 mencapai 98,11%. Jika melihat angka tersebut, maka program wajib belajar 9 tahun di Kabupaten Bandung telah tuntas 7 tahun lebih awal
    dari target deklarasi education for all (EFA) di Dakkar.

    Lancarnya penuntasan wajib belajar 9 tahun di Kabupaten Bandung, menurut Kepala Bidang Data dan Informasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Achmad Hudaya salah satunya karena ada dukungan BOS yang dikucurkan sejak tahun 2005.

    Memasuki tahun 2009 kata Achmad Hudaya, program BOS mengalami perubahan tujuan, pendekatan dan orientasi yang semula untuk perluasan akses menjadi peningkatan kualitas.

    Jumlah siswa yang menerima dana BOS di Kabupaten Bandung, tercatat 511.228 siswa. Masing-masing SD Negeri sederajat 379.701 siswa, SD swasta sederajat 9.122 siswa, SMP Negeri sederajat 69.289 siswa, SMP swasta sederajat 53.116 siswa. Dana BOS digunakan untuk pembelian buku teks pelajaran, penerimaan siswa baru, pembelajaran pengayaan, ulangan harian, pembelian bahan-bahan habis pakai, langganan daya dan jasa, perawatan sekolah, honorarium guru honorer, pengembangan profesi guru, bantuan biaya transportasi siswa miskin, biaya pengelolaan BOS dan pembelian komputer.

    “Semuanya ada 13 komponen yang bisa dibiayai dari dana BOS” kata Achmad Hudaya. guh

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus