Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemkab Subang Sosialisasikan Program Penataan OPD

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18721.jpg

    SUBANG-Pemkab Subang Kamis (18/8) selenggarakan Sosialisasi Penataan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang yang bertempat di Aula Dekopinda. Rapat ini dihadiri dan dibuka oleh Asda III H. Sumasna, Kepala Bagian Organisasi Drs. R Triharjanto, Kassubag Kelembagaan Bagian Organisasi Setda Kab.Subang H. Iwa Kartiwa S.Ip M.Pd dan diikuti oleh seluruh Perwakilan SKPD se-Kabupaten Subang.

    Sumasna mengatakan, rapat ini dilaksanakan sejalan dengan telah ditetapkannya PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, maka Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah didasarkan pada asas efisiensi, efektivitas, pembagian habis tugas, rentang kendali, tata kerja yang jelas, serta fleksibilitas.

    Dalam Pembentukan Perangkat Daerah juga mempertimbangkan faktor luas wilayah, jumlah penduduk, kemampuan keuangan daerah serta besaran beban tugas sesuai dengan urusan pemerintahan yang diserahkan kepada daerah. "Penerapan perangkat daerah ditetapkan dalam 3 tipe yaitu, Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, Dinas dan Badan Tipe A, Tipe B, Dan Tipe C, serta Kecamatan dalam 2 Tipe yakni Kecamatan Tipe A dan Tipe B," jelasnya.

    Penetapan tipologi ini berdasarkan pada perhitungan variabel umum dan variabel teknis, pemetaan intensitas urusan pemerintahan dan penentuan beban kerja Perangkat Daerah yang terlampir dalam lampiran PP Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Tipologi perangkat daerah di Kab.Subang sangat variatif, dan untuk selanjutnya dipakai sebagai bahan dan dasar pelaksanaan penataan organisasi perangkat daerah.

    "Penataan Organisasi bertujuan agar lebih mengefektifkan struktur organisasi setiap dinas dan instansi sekaligus persiapan perubahan perangkat daerah sesuai dengan PP Nomor 18 Tahun 2016," pungkasnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus