Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Bertemu dengan 6000 Penyuluh Se-Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18822.jpg

    KABBANDUNG-Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan lakukan pertemuan dan dialog dengan 6000 orang penyuluh se-Jawa Barat, Kamis (25/8) bertempat di Ruang (dome) Sabilulungan Komplek Pemkab.Bandung.
     
    Para penyuluh yang hadir meliputi bidang pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan. Baik  penyuluh yang PNS maupun yang tenaga harian lepas (THL) dan penyuluh swadaya.

    Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Gubernur menyerahkan berbagai penghargaan kepada para penyuluh teladan dan berprestasi, diantaranya Ir.Usnadi dari Kab.Bogor, sebagai penyuluh teladan untuk kategori penyuluh bidang pertanian swadaya berprestasi yang mendapat  uang pembinaan sebesar Rp 10 juta. Dewi Setiasih Kategori Penyuluh Perikanan PNS Teladan I dari Kab.Garut dan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 10 juta. Mimih Rohaeni dari Kab.Majalengka sebagai teladan II untuk ketegori penyuluh perikanan PNS mendapat uang pembinaan Rp 7.5 Juta dan Amanadin, S.KP dari Kab.Sukabumi sebagai teladan III kategori penyuluh perikanan PNS, mendapat uang pembinaan sebesar     Rp 5 Juta.

    Gubernur dalam sambutannya menyatakan apresiasinya atas peran penyuluh dalam meningkatkan produktiftas pangan di Jawa Barat, khususnya untuk beras sehingga Jawa Barat  masih tetap sebagai penghasil beras terbesar.

    Dijelaskan Gubernur, bahwa  peran penyuluh adalah strategis. Para petani menilai bahwa peran penyuluh sangat strategis dalam meningkatkan target hasil beras, ujar Aher.

    Menurut Aher, bahwa untuk kedepannya yang akan diperlukan untuk menopang ketahanan kehidupan adalah komoditas pertanian. Oleh karena itu masyarakat yang  memperhatikan pertanian adalah masyarakat masa depan yang akan selamat. "Saat Indonesia dilanda krisis bersama negara lainnya, yang menyebabkan berkurangnya pendapatan negara, tapi karena kita masih mempertahankan masyarakat agraris,maka alhamdulillah berkat penyuluh, kita masih bnisa tersenyum dan selamat,

    Karena peran penyuluh yang telah menyelamatkan dan ikut mempertahankan agraris, maka Aher akan menuntaskan bantuan kepada penyuluh berupa pemberian uang DP untuk pembelian motor. Pemberian DP motor ini juga akan diberikan kepada sekitar 2000-an penyuluh swadaya di Jawa Barat.

    Dibagian lain sambutannya Aher kembali menyanjung para penyuluh. "Selama ini saya selalu mendapat penghargaan sehingga nama saya selalu dinilai baik", itu semua karena peran dan kiprah penyuluh, sehingga nama saya terangkat menjadi baik", aku  Aher.

    Dibagian akhir sambutannya, Aher meminta agar penyuluh untuk terus memberikan penyuluhan tentang pertanian yang berorentasi pada hasil berkualitas dan sehat sehingga bernilai ekonomis yang tinggi. Untuk itu, lakukan penyuluhan kepada petani dengan materi pertanian berorentasi pada organik, pungkas Aher.

    Dibagian acara lainnya, Gubernur Aher berkenan menjawab pertanyaan para penyuluh dalam acara dialog. Beberapa pertanyaan yang disampaikan kepada Gubernur, umumnya menyangkut pada : harapan para tenaga harian lepas (THL) bisa diangkat sebagai PNS, Kemudian, harapan agar para penyuluh yang non sarjana bisa difasilitasi menjadi sarjana. Juga harapan agar pemerintah bisa menyediakan tenaga penyuluh untuk bidang perikanan.

    Atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, Aher menjawab dengan berjanji akan mengupayakan sekuat mungkin.

    Usai acara dialog, Gubernur didampingi KaBakorluh Jabar meninjau kendaraan motor para penyuluh yang telah mendapat bantuan DPnya dari Pemprov.Jabar.  

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus