Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kawasan Geopark Ciletuh Diperluas

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18862.jpg

    BANDUNG–Kawasan Geopark Ciletuh yang sebelumnya hanya satu Kecamatan, kini diperluas menjadi 7 Kecamatan dan 74 Desa. Menurut Sekretaris Dinas Budaya dan Pariwisata Jabar, Agus Hanafiah, perluasan itu merupakan prasyarat yang diwajibkan oleh lembaga geopark internasional Unesco.

    “Kini menjadi 7 kecamatan dan 74 Desa yang masuk dalam kawasan Geopark, sehingga namanya pun kita ubah menjadi Geopark Pelabuhan Ratu Ciletuh, bukan lagi Geopark Ciletuh. Hal itu menjadi prasyarat yang harus dipenuhi berdasarkan aturan dari Unesco,” ujar Agus.

    Syarat lain yang harus dipenuhi adalah aksesibilitas yang memadai sehingga memudahkan akses kunjungan wisatawan datang ke kawasan Geopark. Namun, menurut Agus, syarat utama dari pengembangan Geopark adalah harus berdampak kesejahteraan bagi masyarakat setempat dan sekitarnya.

    “Yang lebih penting dari pengembangan sebuah kawasan Geopark adalah dampak ekonomi bagi masyarakat setempat dan sekitarnya. Tanpa dampak itu, Unesco tidak akan mengakui kawasan Geopark,” jelas Agus.

    Berdasarkan pantauan Disparbud Jabar sendiri, selama setahun terakhir sejak ditetapkan sebagai kawasan geopark Nasional, sudah ada peningkatan aktivitas ekonomi bagi masyarakat setempat, diantaranya homestay, kuliner, dan transportasi. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus