Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Berkonsep Smart Port dan Eco Friendly

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18909.jpg

    SUBANG–Pelabuhan Patimban yang akan dibangun akan dikonsep menjadi Smart Port dan Eco Friendly yaitu pemanfaatan teknologi otomatis terhadap sistem penanganan barang dan pemanfaatan energi yang ramah lingkungan.

    ”Sehingga menjadi pelabuhan yang bersih ramah lingkungan dan hemat energi,” ujar Ketua Tim Perencanaan Pelaksanaan Persiapan Pembuatan Pelabuhan Patimban – Dirjen Perhubungan Laut, Kasman, saat memberikan pemaparan pada Rapat Koordinasi Sektor Bina Marga Kegiatan Koordinasi Prasarana dan Tata Ruang Pelabuhan Patimban di Ciater, Selasa (30/8).

    Selanjutnya, kata Kasman, ada empat perizinan yang menyangkut pembangunan Pelabuhan, yaitu izin penetapan lokasi, izin lingkungan, izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan, dan izin mendirikan bangunan (IMB). Sedangkan ada 4 studi yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan tersebut, yaitu studi Amdal, studi pembebasan tanah, studi desain, dan studi pembangunan. "3 skema penyediaan anggaran yang disiapkan oleh pemerintah, diantaranya pinjaman luar negeri, anggaran APBN/APBD, dan kerjasama pemerintah dengan swasta," tambahnya.

    Dikatakan Kasman, tujuan rapat ini untuk bekerjasama dalam percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban dan menghilangkan ego sektoral. Dengan dasar Perpres No. 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional termasuk Pelabuhan Baru di Jawa Barat.

    Sedangkan menurut Sekretaris Tim Perencanaan Pelaksanaan Persiapan Pembuatan Pelabuhan Patimban dari Dirjen Perhubungan Laut, Anwar dari hasil beberapa survey terpilihnya wilayah Patimban Subang karena adanya beberapa aspek yang strategis, diantaranya jalur transportasi.

    Pada sambutannya, Plt. Bupati Subang, Imas Aryumningsih, menyampaikan terima kasih kepada instansi terkait dan para Camat di wilayah Pantura yang mendukung pembangunan Pelabuhan Patimban.

    ”Pembangunan tersebut akan meningkatkan perekonomian masyarakat Subang,” ujarnya.

    Untuk itu diharapkan kepada para Camat dan Kepala Desa di Pantura untuk ikut melakukan sosialisasi. Diharapkan kepada seluruh pihak terkait untuk dapat bekerja sama dan antusias demi kelancaran pembangunan pelabuhan.

    Rapat ini dihadiri oleh Perwakilan Bappeda Jawa Barat, perwakilan Dinas Perumahan dan Pemukiman Prov. Jabar, serta dinas Instansi Pemerintah Kabupaten Subang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus