Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PNPM Mandiri 2011: Jabar Dapat 600 Miliar Lebih

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/pnpm.jpg

    BANDUNG – Dana kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan untuk Provinsi Jawa Barat tahun 2011 sebesar Rp 626.450.000.000,-. Dana yang bersumber dari APBN dan APBD itu akan disebar ke-17 Kabupaten di Jawa Barat. Menurut Koordinator Pendamping PNPM Pedesaan Jabar Rohman, sebagian besar dana itu digunakan untuk pengembangan ekonomi rakyat.

    “75 persen dana itu memang digunakan untuk kegiatan pengembangan ekonomi rakyat, kesehatan, dan pendidikan. Sedangkan 25 persennya digunakan untuk perbaikan atau pengembangan infrastruktur” ujar Rohman.

    Menurut Rohman, kegiatan perencanaan awal sudah dimulai sejak awal tahun 2011, mulai dari musyawarah, pengajuan kegiatan, hingga perencanaan alokasi anggaran. Semuanya menurut Rohman dilakukan oleh masyarakat setempat dengan pendampingan dari tim khusus.

    “Kegiatan awal mulai dari musyawarah, usulan kegiatan yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat, hingga pembuatan proposal, sudah dilakukan sejak awal tahun. Dan itu dilakukan oleh masyarakat sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Semua kegiatan didampingi oleh tim pendamping dari Kabupaten dan Provinsi” katanya.

    Sementara untuk pelaksanaan kegiatannya sendiri akan dilakukan pertengahan tahun atau sekitar bulan Juli tahun ini. Disinggung mengenai kemungkinan adanya penyimpangan atau penyelewengan dana, Rohman menegaskan, kemungkinan itu ada saja, namun secara sistem, sangat sulit hal itu terjadi.

    “Dana langsung turun ke rekening koordinator kecamatan, atau kelompok masyarakat penerima manfaat. Kemudian, setiap penggunaan anggaran selalu dicatatkan dalam catatan laporan penggunaan anggaran, dan dipantau terus oleh tim khusus. Jadi kecil sekali kemungkinan penyelewengan atau penyimpangan dana” tegasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus