Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sosialisasi Empat Pilar Cegah Timbulnya Konflik Sosial di Masyarakat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18977.jpg

    BANDUNG–Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI) adalah untuk mencegah timbulnya konflik sosial di tengah masyarakat mengingat saat ini di beberapa daerah kerap terjadi konflik sosial yang menimbulkan bentrokan di masyarakat. Hal demikian, diungkapkan Anggota MPR RI, Aboe Bakar Al Habsy, dalam rilis yang diterima jabarprov.go.id, Senin (5/9).
     
    Menurut Aboe Bakar, beberapa kasus konflik sosial yang terjadi di beberapa daerah hingga saat ini menjadi catatan pengalaman buruk di masyarakat. Dengan kasus ini, persoalan kerukunan dapat terpelihara jika masyarakat memahami benar esensi dari empat pilar tersebut.

    Di sisi lain, masyarakat Indonesia secara alamiah adalah masyarakat yang berkarakter rentan terhadap konflik karena terdiri atas beragam suku dan etnis.

    “Indonesia dibangun di atas berbagai perbedaan, baik suku, bahasa dan bahkan budaya. Oleh karenanya, melakukan internalisasi nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan salah satu upaya untuk menghindari konflik,” tegasnya.
     
    Oleh karena itu, salah satu tujuan diselenggarakannya Sosialisasi Empat Pilar ini,  adalah untuk menguatkan kembali nilai-nilai kerukunan yang hidup di masyarakat.

    “Seperti nilai toleransi yang ada dalam Bhinneka Tunggal Ika ataupun kerukunan yang ada di Pancasila. Dengan menguatnya kembali nilai-nilai tersebut, persatuan ditengah masyarakat dapat dibangun, dan tentunya akan dapat dihindari terjadinya konflik sosial” tutupnya (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus