Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pelatihan Bela Negara Bagi PNS Pemkab Karawang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18979.jpg

    KARAWANG-Kegiatan Pelatihan Bela Negara merupakan sarana untuk membentuk sikap dan mental Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Pemerintah Kabupaten Karawang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan dan patriotisme kepada tanah air, membentuk PNS yang memiliki kemampuan awal bela negara, serta meningkatkan kedisiplinan PNS dalam menjalankan tugas.

    Kegiatan ini dilepas langsung oleh Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari, S.Ag dan secara simbolis disematkan kepada perwakilan peserta Bela Negara Bapak Kari perwakilan dari Sekretariat Daerah dan Ibu Ida dari Dinas Perikanan dan Keluatan yang berlangsung di Plaza Pemkab Karawang, Senin (5/9).

    Dalam sambutannya Wakil Bupati Karawang menyampaikan bahwa, bela negara pada dasarnya merupakan sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara.

    “Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya, baik secara fisik maupun non fisik,” ungkap Jimmy.

    Selanjutnya, didalam proses pembelaan bangsa, ada beberapa hal yang menjadi unsur penting, diantaranya adalah : cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara.

    “Oleh karena itu penyelenggaraan pelatihan bela negara ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan bela negara dengan cara memberikan pemahaman yang utuh bagi segenap warga negara akan hak dan kewajiban dalam membela, sedangkan sasarannya membentuk figur peserta sebagai kader untuk menyebarluaskan bela negara di lingkungannya masing-masing”, pungkas Jimmy.

    Pelatihan Bela Negara ini diikuti oleh PNS/ASN yang bekerja pada SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang sebanyak 65 orang. Kegiatan ini pula melibatkan fasilitator dari Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Karawang, Kodim 0604 Karawang, serta Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Karawang, hal ini dilaporkan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Karawang.

    Pada kesempatan tersebut hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Teddy Rusfendi Sutisna, Kepala Bappeda Kabupaten Karawang, para staf ahli dan asisten, serta para Kepala OPD Kabupaten Karawang. (@Gala)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus