Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Api Abadi Majakerta Pernah Dipakai Api Asian Games 1962

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18991.jpg

    INDRAMAYU - Kapten Inf Dede Kusmayadi Danramil 1609 sebagai Komandan Upacara pada pengambilan Api PON XIX dan telah diarak keliling menuju Pendopo Pemkab Indramayu (5/9).   

    Ketua Umum Koni Pusat, Tono Suratman, didampingi Bupati Indramayu, Hj. Anna Sophanah, mengambil api PON yang selanjutnya diserahkan kepada Kopda Yulianto dari Arhanudse Kodam III/Slw bersama atlet Legedaris dan pasukan gabungan menuju alun-alun Indramayu yang berjarak lima kilo meter.

    Seluruh anak sekolah mulai dari TK,SD,SLTP dan SLTA serta seluruh warga masyarakat berdiri disepanjang rute perjalanan api PON untuk menyambut pelaksanaan kirab api PON yang dibawa dan  diarak bergantian sepanjang rute perjalanan disambut dengan gembira karena merupakan kebanggaan warga masyarakat Indramayu.

    Adapun Api Abadi yang berasal dari Majakerta ini, yang kata para orang tua dulunya ditemukan pada jaman penjajahan tahun 1820 ini merupakan sejarah besar yang diharapkan anak cucunya bisa mengetahui asal muasal Api Abadi ini sebagai sejarah api PON.

    Selain itu Api Abadi Majakerta sebagai kebanggaan yang pada tahun 1962, sumber api ini sudah pernah dipakai sebagai sumber Api Pekan Olahraga Asia (Asian Games) kemudian pada tahun 1977 menjadi sumber api PON IX di Jakarta. 

    Selain itu, sumber api abadi Majakerta sebenarnya sempat habis dan padam dalam waktu beberapa tahun terakhir, namun setelah dilakukan penggalian kembali, ternyata masih muncul sumber gas, sehingga pada PON XIX/2016 Jawa Barat bisa dijadikan lokasi pengambilan api PON. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus