Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher: PON Tidak Hanya Bernilai Olah Raga

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19015.jpg

    BANDUNG-Ketua PB PON XIX yang juga Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berharap ajang PON 2016 Jabar bukan hanya untuk kemajuan olah raga saja, melainkan bisa menjadi upaya dalam menyelamatkan hewan langka tersebut.

    "PON tidak semata-mata olah raga, tapi harus bernilai budaya, lingkungan, dan pelestarian," katanya di Patenggang Ciwidey Kabupaten Bandung, Rabu (7/9).

    Melalui ajang PON 2016 ini, pihaknya berharap bisa mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian satwa langka khususnya Surili yang hanya ada di Jabar.

    "Mudah-mudahan warga jadi sadar, ini dilindungi, sehingga tidak boleh ada penjualan, perburuan. Termasuk untuk alasan kesehatan. Itu mitos. Tidak benar," katanya.

    Dia menyebut, manusia menjadi penyebab utama terus berkurangnya jumlah populasi Surili.

    "Selain perburuan, alih fungsi lahan juga menjadi faktor utama," katanya.

    Sehingga, kata dia, berbagai jenis perburuan dan perdagangannya sangat dilarang oleh pemerintah. "Masuk kategori kejahatan internasional. Tidak pernah ada perdagangan Surili legal, pasti semuanya ilegal," bebernya.

    Lebih lanjut Heryawan katakan, keberadaan Surili pun memberi keuntungan bagi habitat sekitar. Sebab, kotoran yang dikeluarkan Surili menjadi bibit bagi tumbuhnya pohon baru.

    "Biji buah yang dimakan Surili, dikeluarkan jadi kotoran, itu berupa biji lagi yang bisa tumbuh menjadi pohon baru," paparnya. Menurutnya, Surili saat ini tersebar di antaranya Gunung Pangrango, Burangrang, dan Tampomas yang semuanya berada di Jabar. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus