Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sambut PON XIX Galeri Batik Tampilkan Batik Nasional

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19121.jpg

    BANDUNG-Momen Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat yang akan berlangsung mulai 17 hingga 29 September 2016, disambut cukup meriah oleh sejumlah elemen masyarakat Jawa Barat.

    Seperti halnya yang dilakukan Galery Batik Azizah D'Nyonyah dengan menggelar Fashion Show batik membuka etalase PON XIX Jawa Barat 2016, di Atrium Trans Studio Mall Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (14/09).

    Pemilik Galeri Batik, Azizah Talita Dewi mengatakan, fashion show batik biasanya dilakukan tematik dan saat ini berkaitan dengan PON XIX Jawa Barat, kita tampilkan merah putih jumputan tema yang ditampilkan.

    “Dalam fashion show batik kita tampilkan batik khusus, berkaitan dengan PON, yaitu batik merah putih. Karya bendera merah putih kita ingin menampilkan sebuah fashion show art yang sifatnya langsung dengan musik tradisional,” ucapnya.

    Menurut Azizah, batik yang ditampilkan dengan dipadu kebaya jumputan merah putih yang mengisaratkan nasionalime, dengan dipadukan kain batik yang bergambar padi serta kupu-kupu.

    “Gambar padi melambangkan bahwa Indonesia negeri subur makmur kemudian alam yang indah subur dengan kupu-kupu pegunungan yang digambarkan lewat batik dan wahyu temurun artinya negeri Indonesia adalah negeri para leluhur yang kaya ilmu,” tuturnya.

    Azizah menambahkan, berkaitan dengan perhelatan PON XIX ini yang diikuti oleh 34 kontingen dari seluruh Indonesia dengan budaya yang berbeda-beda, batik tulis memiliki keinstimewaan dan keunikan dengan kebudayaan yang berbeda bisa disatupadukan dalam sebuah karya batik.

    “Saya padukan antara budaya satu dengan yang lain, namun yang penting saya melihat secara nasional batik ini memiliki keunikan,” kata Azizah, kepada www.Jabarprov.go.id usai pembukaan fashion show batik talase PON XIX Jawa Barat 2016, di Atrium Trans Studio Mall Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (14/09). (Parno)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus