Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peserta KKN Tematik ITB Bangun Jembatan Gantung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19190.jpg

    BANDUNG-Setelah pembekalan dan perancangan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Institut Teknologi Bandung (ITB) 2016 melakukan eksekusi program fisik dengan tema infrastruktur berupa pembangunan jembatan gantung 30 meter.

    Jembatan tersebut menghubungkan Desa Mekarwangi dan Desa Nyalindung Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut dengan nama Jembatan Asa Ganesha, dimana Desa Mekarwangi merupakan desa terjauh dari pusat Kecamatan Talegong dan juga jalan provinsi.

    Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Bermawi P. Iskandar mengatakan, untuk program fisik tema air adalah pembangunan MCK dan penyediaan air.

    “Pembangunan MCK ini didasarkan atas kondisi masyarakat dusun tersebut yang masih minim dalam hal sanitasi. Selama ini, masyarakat cenderung buang air besar (BAB) di balong, cubluk, ataupun BAB sembarangan," ucapnya.

    Menurut Bermawi, untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Garut dalam hal pemberantasan perilaku BAB sembarangan dan juga untuk meningkatkan kesehatan warga tersebut, maka diperlukan pembangunan MCK yang selanjutnya diberi nama MCK Padahurip.

    “MCK yang telah dibangun dialiri air yang bersumber dari mata air setempat ataupun sumur bor,” katanya.

    Sementara untuk program fisik tema energi yaitu pembangunan rumah community development (comdev) yang bernama Mursidul Falah, dimana pembangunan rumah comdev didasarkan pada kebutuhan masyarakat atas fasilitas pendidikan dan pengembangan karakter yang besar.

    Pada rumah tersebut digunakan panel surya sebagai salah satu sumber energi, penggunaan panel surya pada rumah tersebut untuk mendukung penerangan dalam proses belajar mengajar dan pengembangan karakter.

    Selain program fisik, ketiga tim tersebut memberikan pelatihan keterampilan, untuk tim infrastruktur memberikan pelatihan mengenai cara membuat manisan kolang kaling. Kolang kaling merupakan salah satu komoditas unggulan desa tersebut.

    Tim air mengajarkan pemanfaatan ijuk yang banyak dihasilkan di desa tersebut untuk dibuat menjadi sapu ijuk. Sementara tim energi mengajarkan pembuatan pupuk fermikompos, yaitu pupuk organik yang ditambah dengan cacing.

    Terakhir adalah program tema pendidikan yang dilaksanakan oleh tim pendidikan merupakan program pendukung ketiga tema lainnya. Dengan taraf pendidikan yang lebih baik diharapkan masyarakat desa dapat memiliki kehidupan yang lebih sejahtera di kemudian hari. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus