Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sekda Jabar: Segera Cairkan Dana Bencana

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19213.jpg

    BANDUNG-Sekda Jabar Iwa Karniwa meminta Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang segera mengurus pencairan dana tanggap bencana ke Pemprov Jabar.

    Iwa mengatakan proses pencairan dana bencana dijanjikan cepat jika pihak Pemda sudah menetapkan status tanggap darurat terutama musibah banjir bandang di Garut.

    "Bupati dan Sekda Garut diminta untuk segera mencairkan dana bencana untuk disetujui Gubernur c.q Biro Keuangan Setda Jabar," katanya.

    Menurutnya berdasarkan laporan Biro Keuangan dana tanggap darurat yang ada di kas Pemprov Jabar mencapai Rp 10 miliar. Namun jika kebutuhan lebih besar pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Biro Keuangan untuk melihat posisi kas.

    "Jadi kita tinggal menunggu berapa yang dibutuhkan Garut dan Sumedang," ujarnya.

    Iwa memastikan penetapan status tanggap bencana penting karena menjadi syarat pencairan. Menurutnya agar makin cepat proses pengiriman surat pengajuan pencairan diantar langsung oleh kurir dan tidak melalui pos.

    "Kami harap ini agar cepat dicairkan jadi diantar langsung saja ke Biro Keuangan," paparnya.

    Pihaknya sendiri belum merinci berapa dana darurat yang saat ini sudah diluncurkan langsung ke Garut dan Sumedang. Menurutnya bantuan seperti makanan instant, perlengkapan bayi, selimut dan lain-lain sudah pasti disalurkan BPBD dan Dinas Sosial.

    "Dinas Bina Marga juga menurunkan alat-alat beratnya untuk membantu proses evakuasi, sementara mitigasi juga terus dilakukan karena di Garut ada ribuan yang diungsikan ke Kodam," tegasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus