Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pangdam Kunjungi Lokasi Bencana Banjir

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19288.jpg

    GARUT-Kodam III/Siliwangi terjunkan ribuan personil untuk bantu atasi pembersihan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut dari sampah dan lumpur akibat banjir bandang yang menerjang akibat hujan dan luapan air dari Sungai Cimanuk Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (24/9).

    Banjir bandang tidak hanya menerjang pemukiman warga saja tapi juga merendam sejumlah ruangan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut dan setidaknya dari 40 ruangan yang ada di RSUD terdapat 35 ruangan yang terendam banjir.

    Disela - sela kesibukannya sebagai Komandan Kontingen Atlet Jabar pada PON ke - XIX Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo sempat mengunjungi korban bencana banjir bandang dan meninjau lokasi pelaksanaan pembersihan lumpur dan sampah akibat banjir.

    Pangdam III/Siliwangi perintahkan penangan agar segera dilaksanakan dan bersihkan kotoran - kotoran yang ada terutama lagi RSUD dr. Slamet agar proses pelayanan pengobatan segera dapat berjalan kembali.

    Peristiwa ini sangatlah mengejutkan warga sekitar karena wilayah ini tidak pernah terkena banjir apalagi hingga banjir bandang seperti yang terjadi saat ini.

    Banjir masuk ke RSUD dr. Slamet pada hari Selasa 20 September 2016 pukul 22.00 WIB, dengan ketinggian banjir saat itu mencapai ketinggian 1 hingga 1,5 meter.
    Saat ini air masih menggenangi disejumlah ruangan di lantai satu.

    Sebagian besar pelayanan rawat jalan di lantai satu RSUD terhenti total akibat banjir dan Rumah sakit tidak melayani pasien rawat jalan diantaranya di poli mata, klinik anak dan klinik kandungan.

    Personil Kodam III/Siliwangi juga Jajaran Korem 062/TN dan para petugas Rumah Sakit bersama - sama membersihkan lumpur yang yang masuk ke dalam RSUD dampak dari hujan yang mengguyur Kota Garut dan sekitarnya sejak sore hari.

    Kerugian belum bisa diperhitungkan karena kodisi RSUD masih dalam keadaan kotor dan alat-alat kesehatan masih kotor karena terkena lumpur, terutama yang berada di lantai satu.

    Humas RSUD dr. Slamet Garut Lingga Saputra mengatakan, pasien rawat inap yang berada di lantai satu telah diungsikan ke lantai dua karena kondisi lantai sangat parah sehingga harus diamankan, ada sekitar 252 pasien yang diungsikan ke lantai dua diantaranya dari ruang IGD dan ICU di lantai satu.

    Sebagian pasien lantai satu ada juga yang diungsikan ke Ruang Kalimaya atas, ke Poli Klinik rawat jalan lantai atas dan Topas atas.

    Hingga saat ini anggota Kodam III/Siliwangi dan pihak RSUD Kabupaten Garut dan dibantu dari pihak - pihak terkait lainnya terus membersihkan seluruh ruangan yang tergenang air.

    Selain mengatasi lumpur yang masuk ke 35 ruangan, sejumlah fasilitas yang rusak juga sedang dilakukan perbaikan agar segera dapat berfungsi kembai seperti semula.(Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus