Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    DPRD Jabar Setujui Kerja Sama Sister Province

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19301.jpg

    BANDUNG-DPRD Jabar, akhirnya menyetujui rencana kerja sama sister Province antara Pemprov. Jabar dengan Pemprov Heilongjiang, Kota Chongqing, Guangxi Zhuang Autonomous Region dan Provinsi Sichuan. Persetujuan tersebut, dikukuhkan dalam sidang paripurna DPRD Jabar yang berlangsung, Senin sore (26/9).

    Adapun delapan hal yang direkomendasikan pihak DPRD Jabar dibacakan, anggota Komisi I DPRD Jabar, Hasbullah. Pertama, DPRD Jabar menekankan perlunya kehati-hatian dalam melakukan kerja sama luar negeri, dengan tetap memegang teguh prinsip-prinsip kesetaraan dan menguntungkan diantara kedua belah pihak.

    Kedua, pada bidang pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), kerja sama luar negeri diharapkan mampu menciptakan alih Iptek, dengan cara melakukan research bersama antar lembaga atau instansi di masing-masing pihak atau melalui terapan dan aplikatif.

    Ketiga, pada bidang pariwisata dan kebudayaan, Pemprov. Jabar dapat mengambil manfaat dengan mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya wisatawan dari Tiongkok. Keempat, dalam bidang peningkatan kemampuan teknis dan manajemen pemerintahan, Pemprov. Jabar harus mendatangkan manfaat yang besar khususnya dalam mengimplementasikan Good Governance dan Clean Goverment diantara para pihak.

    Kelima, untuk bidang ekonomi dan perdagangan, Pemprov. Jabar harus mampu menginventarisir produk-produk unggulan serta mampu menumbuhkan iklim perdagangan yang seimbang diantara masing-masing pihak.

    Keenam, dalam bidang pendidikan, Pemprov. Jabar diharapkan secara aktif meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang tidak hanya difokuskan pada pertukaran mahasiswa, dosen atau guru serta sister school dan sister university saja, tetapi juga untuk stakeholder lainnya seperti penyuluh pertanian, wirausahawan dan lain-lain.

    Ketujuh, untuk pengembangan kerja sama bidang pengembangan perdesaan, perkotaan dan transportasi, kerja sama dilakukan selain antar pemerintah dapat juga dilaksanakan antar BUMD dan antar pengusaha, serta kedelapan, ujar Hasbullah promosi dan entitas bisnis harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus