Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Banjir Bandang Garut Akibat Kerusakan Hutan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19313.jpg

    BANDUNG-Kejadian banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Garut beberapa waktu lalu yang menewaskan korban jiwa hingga lebih dari 30 orang lebih disebabkan karena rusaknya kawasan hulu sungai Cimanuk.

    Dedi Kurniawan dari Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I ) mengatakan, penyumbang terbesar dari kerusakan kawasan, 85% akibat rusaknya kawasan perhutani, sisanya di kawasan BBKSDA & Tanah masyarakat.

    “Kerusakan tersebut akibat dari pembiaran berkepanjangan oleh Perhutani sebagai pengelola kawasan dimana kawasan tersebut ditanami jenis produksi yang tidak memperhatikan aspek kemiringan, fungsi penyangga dan dampak kedepan,” ucapnya.

    Menurut Dedi, pembiaran berkepanjangan mengakibatkan bom waktu yang meletus menjadi banjir bandang dengan bawaan lumpur yang sangat banyak.

    “Tanggung jawab besar terhadap para korban adalah pemerintah dalam hal ini Perhutani, selain bertanggung jawab memperbaiki kawasan tersebut KLHK pun harus bertindak tegas dan memberi sangsi keras atas apa yang telah terjadi,” ujarnya

    Dedi menyatakan, pengawasan ketat harus dilakukan oleh BBKSDA agar kerusakan kawasan di bawah kewenangannya tidak terus meluas dan berupaya keras memperbaiki kawasan yg sudah rusak.

    “Pemerintah daerah harus jeli menyikapi kondisi kawasan wilayahnya dan berupaya memberi pemahaman terhadap masyarakatnya, baik terkait kesiapsiagaan maupun tata olah lahan baik di garapan tanah sendiri maupun kawasan perhutani,” katanya.

    Selain itu menurut Dedi, pemerintah daerah juga harus memperhatikan pola pembangunan yangg sesuai dengan geografis wilayah.

    “Bencana banjir bandang Garut jangan dijadkan ajang saling menyalahkan tapi saling mengingatkan dan bekerjasama memperbaiki kerusakan kawasan hulu,” tutur Dedi, melalui rilis yang diterima www.Jabarprov.go.id. (Parno)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus