Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wayang Pantun Telah Punah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Foto049.jpg

    BANDUNG – Keberadaan seni tradisional asli Sunda, Wayang Pantun kini tinggal cerita. Pasalnya tidak ada lagi dalang yang mampu memainkan Wayang Pantun di Jawa Barat. Dalang terakhir yang memainkannya sekaligus pencetus Wayang Pantun di Jawa Barat adalah Soma Dimyati asal Ciparay Kabupaten Bandung, yang meninggal tahun 2003 lalu. Kini perangkat Wayang Pantun peninggalan Soma Dimyati dikoleksi oleh Dosen STSI Bandung Tutun Hatta Saputra.

    “Sangat disayangkan, karena wayang pantun asli Sunda. Baik dari tokoh dan karakter wayangnya maupun ceritanya. Wayang Pantun tidak menyadur dari kisah Mahabarata dan Ramayana seperti wayang pada umumnya, tetapi berasal dari Carita Pantun Sunda” ujar Tutun.

    Tutun berharap, pemerintah bisa turun tangan dalam menghidupkan kembali dan melestarikan Wayang Pantun, karena itu merupakan ranah pemerintah untuk melakukannya. Tutun mencontohkan misalnya dengan pemberian pelajaran pada siswa-siswa SMA dan SMK, dan juga sesekali mementaskan wayang pantun.

    “Pemerintahlah yang berkewajiban menghidupkan kembali dan melestarikannya. Diantaranya ya, dengan memasukan materi wayang pantun pada kurikulum seni dan budaya pada SMA/SMK, atau kalau memungkinkan, ya dipentaskan lagi” ujarnya.

    Pada penampilannya, Wayang Pantun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Wayang Golek yang lebih dulu dikenal. Hanya dalam Wayang Pantun, tokohnya adalah tokoh manusia keseharian biasa yang mewakili kalangan masyarakat Sunda. Dan dari sisi cerita, Wayang Pantun menceritakan apa yang ada dalam cerita pantun Sunda.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus