Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BUMD Digitalisasi Kebutuhan Mendesak

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19454.jpg

    BANDUNG-DPRD Jabar, melalui inisiatif Komisi I DPRD Jabar sudah mengajukan pembentukkan Raperda pendirian BUMD baru yaitu BUMD dengan fokus usaha di bidang digitalisasi.

    Usulan tersebut, patut untuk direspon karena digitalisasi kini merupakan kebutuhan mendesak, papar Wakil Ketua DPRD Jabar, Harris Bobihoe, dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (6/10).

    Harris, lebih lanjut memaparkan, kini di tengah persaingan global untuk kepentingan berbagai bidang penyelenggaraan pembangunan, termasuk di dalamnya kegiatan bisnis pemanfaatan Iptek telah merupakan kebutuhan utama, sehingga dipandang perlu sejalan dengan pemanfaatan Iptek ada BUMD yang mengelola digitalisasi.

    Nantinya, BUMD yang bergerak di bidang digitalisasi, diarahkan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan penyedia layanan IT. Melalui kerjasama tersebut, BUMD pengelola digitalisasi dapat menghasilkan profit, ujar Harris.

    Sejalan dengan berkembangnya pemanfaatan digitalisasi melalui peran BUMD, di sisi lain dapat menghadirkan manfaat yaitu kota akan lebih tertata dan lebih rapih, tentunya tidak ada lagi kabel-kabel yang berserakan di beberapa ruas-ruas jalan.

    Menurut Harris, BUMD dengan fokus usaha digitalisasi sejalan dengan peraturan yang berlaku akan difasilitasi penyertaan modal melalui dukungan APBD. Pendanaan tersebut, mulai bisa dilakukan paling cepat dalam APBD murni tahun 2017.

    Fasilitasi penyertaan modal dilaksanakan setelah BUMD tersebut dikukuhkan berdiri sebagai BUMD melalui penetapan Perda. Harapannya, BUMD tersebut dapat dikelola secara profesional oleh mereka yang mempunyai keahlian sesuai bidangnya, pungkas Harris (NR)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus