Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Atasi Macet, Perlu Komitmen Kuat Walikota

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19660.jpg

    BANDUNG-Pengamat transportasi ITB Sony Silistino Wibowo mengatakan, untuk mengatasi masalah kemacetan di Kota Bandung yang terpenting adalah komitmen kuat dari Walikota. 

    Tanpa komitmen yang kuat dan berkesinambungan, masalah kemacetan tidak akan terselesaikan, apalagi hanya dengan rekayasa lalulintas sementara. 

    "Komitmen dari Walikota sangat menentukan. Selama ini menurut Saya bekum ada komitmen yang kuat dan berkesinambungan dari Walikota untuk atasi kemacetan lalulintas di Bandung" ujarnya, saat diskusi tentang transportasi di Tatali News Cooperation di Jl. Anggrek No 42 Kota Bandung, Jumat (21/10).

    Menurut Sony, masalah kemacetan lalulintas di Bandung disebabkan 3 hal utama.

    "Yang pertama adalah soal tata kota Bandung, kedua masalah rasio ruas jalan dan kendaraan yang tidak seimbang dan yang ketiga masalah sarana transportasinya sendiri" jelasnya.

    Untuk mengatasi ketiga masalah itu, perlu ada solusi untuk masalah itu masing-masing, tidak bisa diselesaikan hanya dengan satu solusi misalnya penyediaan sarana transportasi masal. 

    "Rasio panjang jalan dibanding luas daerah yang ideal adalah 25 persen ruas jalan dibanding luas daerah. Bandung ini hanya 3 persen. Kemudian harus ada penyediaan alat transportasi massal yang menyeluruh, dan perubahan prilaku bertransportasi masyarakat dari pribadi menjadi umum", papar Sony. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus