Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Paraji Untuk Pasca Melahirkan Bidan Desa

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19696.jpg
    Ilustrasi

    KAB.BANDUNG-Kehadiran Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) saat ini, sudah banyak memberi andil bagi terwujudkan masyarakat sehat. Melalui kesigapan Gerakan PKK Kabupaten Bandung, program nyata bagi kesehatan dan kelayakan Gizi masyarakat bisa terus diaktualisasikan, salah satunya dengan melibatkan keterampilan "paraji" (dukun beranak) dalam program pasca melahirkan. Hal tersebut dikatakan Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat H. Marlan, S.ip.,M.Si pada kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kesatuan Gerak PKK Keluarga Berencana dan Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat di Desa Citaman Kecamatan Nagreg, Selasa (25/10).

    “Kesigapan Gerakan PKK Kabupaten Bandung, dapat diaktualisasikan melalui program nyata bagi terwujudnya masyarakat Kabupaten Bandung sehat. Salah satunya dengan memberdayakan paraji dalam program pasca ibu melahirkan, untuk membantu bidan desa” ungkap Marlan didampingi Camat Nagreg Entang Kurnia di akhir acara.

    Marlan menambahkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Bandung terus melakukan upaya peningkatan kesehatan dan kelayakan gizi masyarakat. Sebagai wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat  yang dibimbing petugas terkait, Posyandu di tumpu oleh 3 aspek, yakni  kesehatan, integrasi KB, PKK, dan Kesehatan serta multifungsi terintegrasi ketiganya.

    “Maka ketiganya perlu direvitalisasi pendanaanya, kinerja pelayanan, status gizi dan relevansi serta akselerasi target  untuk peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung, membina para akseptor dan mendorong masyarakat untuk melakukan perilaku hidup sehat (PHBS).” Tambahya.

    Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Monev Persatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Provinsi Jabar Ir. Nuraeni ditemani Kepala Desa Citaman Kecamatan Nagreg Adang Andry Rahayu berharap Pergerakan PKK harus memiliki inovasi dan inisiatif program yang mendukung kegiatan pembangunan khususnya untuk peningkatan kesehatan dan gizi.

    “Monitoring ini dilakukan bukan hanya untuk menilai, tetapi bagaimana kita merasakan kemajuan kemajuan yang dicetak Gerakan PKK Desa Citaman, apa saja yang sudah dilakukan khususnya inovasi dan inisiatif program,” ucap Nuraeni

    Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Gerak PKK ini mengusung tema “Ayo Kerja, melalui Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan, Kita Satukan Langkah Untuk Keluarga Berkualitas. Dengan dihadiri oleh Perwakilan OPD, Sekretaris Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) H.M. Hairun, SH MM) dan dari Tim Kesehatan.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus