Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Cetak SDM Perkeretaapian Bareng Negara Eropa

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19833.jpg

    BANDUNG-Sejalan dengan rencana pemerintah dalam melakukan pembangunan jangka panjang bidang transportasi massal di masa depan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) akan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) bidang perkeretaapian,

    Direktur Pembelajaran Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti, Paristiyanti Nurwardani mengatakan, untuk mencetak SDM yang handal, pihaknya akan menggandeng sejumlah negara di Eropa yang ahli di bidang perkerataapian.

    “Kita tahu bahwa Jerman dan Prancis merupakan negara yang ahli di bidang perkeretaapian, kita akan kerjasama untuk pengembangan kurikulum prodi perkeretaapian,” ucapnya.

    Menurut Paristiyanti, dalam program ini  pihaknya akan mengembangkan pola tripel helix yang melibatkan pemerintah, bisnis dan dunia pendidikan.

    "Untuk yang ini, kita bersinergi dengan perusahaan perkeretaapian, perhubungan dan kurikulumnya sesang dibahas bersama Tiongkok, yang telah berhasil mengembangkan tranportasi kereta api," ujar Paristiyanti, dalam acara Pelatihan Nela Negara dan Pembangunan Karakter di Kampus Politeknik Manufactur (Polman) , Selasa (01/11).

    Paristiyanti menambahkan, terkait pengembangan program perkeretaapian tersebut Kemenristek Dikti telah menandatangani kerja sama dengan Tiongkok dengan melakukan pertukaran pelajar baik untuk program magister maupun doktoral.

    "Untuk program ini semuanya akan ditanggung oleh Tiongkok, termasuk biaya hidupnya selama mengenyam pendidikan,” katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus