Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Minggu Bersepeda

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19881.jpg

    BANDUNG-Penggemar bersepeda di Kota Bandung semakin meningkat jumlahnya. Sekarang, mungkin tak terhitung. Tetapi yang jelas, bila hari Minggu tiba, maka ribuan sepeda memadati jalan-jalan kota Bandung, terutama di area Car Free Day di Jl.Dago (Ir.H.Juanda).

    Di hari itu, ribuan sepeda memadati area CFD. Ada yang sekedar nongkrong di Jl.Dago sambil menikmati hiburan yang biasanya pentas di CFD itu. Ada pula yang terus melanjutkan perjalanan dengan rute ke Lembang, Dago Bandrek, Dago Resort, dan ke daerah Ciburial. Masing-masing kelompok pesepeda punya tujuan dan kebiasaan masing-masing.

    Dilihat dari jenis sepedanya, ada kelompok "jalanrayaan", ada yang selalu off road dan adapula yang "menantang", seperti kelompok Down Hill.

    Adalah kelompok sepeda Gasibu-Simpang Mounten (GSM) dibawah pimpinan suku yang bernama "Heri-Pahe", punya kebiasaan tersendiri. Kebiasaannya "kukurusukan", mencari tempat yang berbeda dengan kelompok lainnya. Mencari rute yang menangtang, berupa tanjakan, turunan dan berbatu serta adakalanya mencari gang-gang sempit dan kecil di pekarangan rumah orang.

    Ada grup lainnya, yang sering disebut "grup gembol", yaitu pesepeda yang selalu membawa tas bagasi dibelakangnya seperti tukang koran dulu. Grup ini terkenal dengan Grup Federal dengan salah satu tokohnya adalah "Abah Isep". Grup ini bersepeda di jalan aspal dan selalu mengambil rute  yang jauh dan acapkali berhari-hari. Perlengkapan yang dibawanya, dari mulai tempat tidur portabel, alat-alat makan, persediaan pakaian sampai perbekalan makanan.

    Semua grup dengan jenis medan jalan yang dilalui memiliki program dan tujuan masing-masing termasuk yang tidak mengelompok.

    "Abah Isep mengajak segenap warga/masyarakat untuk gemar bersepeda". Bersepeda itu menyehatkan dan irit dari segi pembiayaan", ajaknya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus