Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Heryawan : PUG Harus Menjadi Komitmen Pimpinan OPD

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSCkadis.jpg

     

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta kepada jajaran pimpinan Organsiasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menghadirkan Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG) di Jawa Barat. Diantaranya dengan membentuk Kelompok kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender (PUG) di lingkup OPD masing-masing, sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 260/Kep.1226-BPPKB/2010. Selain itu masing-masing kepala OPD dapat menyebarkan konsep PUG di lingkup OPD nya.
     
    "Optimalkan potensi dan sumberdaya yang dimiliki oleh OPD masing-masing untuk memecahkan masalah kesenjangan hak, kedudukan,kemampuan dan kesempatan antara laki-laki dan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan. Selain itu memprioritaskan anggaran untuk kegiatan yang responsif gender. Sekaligus meningkatkan visi KKG PUG agar tidak terjadi kesenjangan gender dengan cara mencari solusi dan pemecahannya," ujar Heryawan saat memberikan pengarahan pada Sosialisasi PUG Tingkat Provinsi Jawa Barat di Hotel Lingga Kota Bandung, Selasa (29/3).
     
    Lebih lanjut Heryawan menyatakan melalui Instruksi Presiden Nomor 9/2000 tentang PUG Dalam Pembangunan Nasional menyebutkan bahwa PUG merupakan kebijakan nasional yang harus dijalankan jajaran pemerintahan. Oleh sebab itu, sebagai penyelenggaran pemerintahan wajib memahami konsep PUG. Sehingga PUG merupakan strategi dalam menegakkan hak perempuan atas kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan. PUG menurutnya sangat ditentukan oleh kualitas sinergi seluruh pemangku kebijakan, baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat. "Harus dilaksanakan secara terpadu, terarah dan berkesinambungan," tuturnya.
     
    Acara sosilisasi tersebut dihadiri pada pejabat eselon 2, 3 dan 4 lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Mereka terdiri dari para kepala sub bagian, kepala seksi, kepala bagian, kepala biro, kepala dinas, asisten daerah dan staf ahli gubernur. Adapun para narasumber antara lain; Gubernur Jawa Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, dan Deputi Bidang PUG Bidang Politik, Sosial dan Hukum Kementrian Pemberdayaan Perempuan. Acara berlangsung mulai hari ini (29/3) hingga besok Rabu (30/3).
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus