Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Jabar Irup Upacara Bendera Hari Pahlawan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19927.jpg

    BANDUNG-Mengenang jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat selenggarakan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan, 10 November 2016, yang berlangsung, Kamis (10/11), bertempat di Halaman Gedung Sate Bandung.

    Wakil Gubernur Jawa Barat bertindak sebagai inspektur upacara dan sekaligus membacakan sambutan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

    Menteri Sosial, Khofifah dalam sambutan tertulisnya mengemukakan, mengatakan semangat kepahlawanan harus dijadikan momentum untuk mengatasi segala permasalahan bangsa. Melalui peringatan Hari Pahlawan 10 November, Khofifah mengajak seluruh masyarakat Indonesia menjadi pahlawan untuk bangsa ini.

    Caranya dengan berkontribusi positif dalam bentuk kerja nyata sekecil apapun sesuai kemampuan, bidang tugas, dan profesi masing-masing. Apapun posisinya, apakah sipil atau militer, pejabat atau non pejabat, rakyat biasa atau pemimpin. Peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 ini mengambil tema "Satukan Langkah untuk Negeri".

    "Yuk Jadi Pahlawan bagi keluarga, lingkungan, dan Bangsa Indonesia. Kontribusi positif sekecil apapun sangat berguna untuk kemajuan bangsa dan negara ini," ungkap Menteri Sosial.

    Menurut Mensos, konteks berperang saat ini tidak lagi mengangkat senjata melawan penjajah. Namun berperang untuk mengatasi berbagai masalah bangsa, seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana, dan berbagai masalah sosial lainnya. Semangat dan nilai-nilai kepahlawanan harus bisa diimplementasikan dan didayagunakan untuk hal tersebut.

    Diterangkannya, sejarah bangsa dan negara Indonesia mencatat bahwa perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuaan dan kesatuan yang kuat. Negara kesatuan Republik Indonesia, kata dia, tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga pikiran serta hartanya.

    Upacara peringatan Hari Pahlawan, diawali menaikan bendera merah putih oleh Paskibraka Provinsi Jawa Barat, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, mengheningkan cipta, pembacaan pesan-pesan para pejuang kemerdekaan. Upacara diakhiri pembacaan sambutan Mensos oleh inspektur upacara.

    Hadir pada kesempatan upacara itu, dari unsur TNI dan Polri, unsur aparatur sipil negara (ASN), ormas kepemudaan dan para pelajar tingkat SLTA Kota Bandung.

    Usai upacara bendera, para peserta upacara mengikuti ziarah ke Taman Makam pahlawan Cikutra yang acaranya dipimpin Pangdam III/Siliwangi, Herindra. Usai upacara dilanjutkan tabur bunga di pusara para pahlawan dan pejuang kemerdekaan. Wagub Deddy Mizwar didampingi Pangdam lakukan tabur bunga di makam, mantan Gubernur/Pangdam III/Siliwangi, Yogie S Memet.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus