Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jawa Barat Butuh Rp 650 Triliun Untuk Capai IPM 80

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gub1.jpg

     

    BANDUNG- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan untuk mencapai Jawa Barat yang maju dibutuhkan sumberdaya yang cukup besar. Dengan jumlah penduduk mencapai 43 juta jiwa lebih, permasalahan dan tantangan pun juga besar. Diantaranya yakni upaya untuk mencapai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 80. Berdasarkan perhitungan diperkirakan membutuhkan belanja pembangunan sekitar Rp 650 triliun agar IPM Jabar mencapai angka 80 poin. Tentunya hal itu perlu terobosan dan perubahan paradigma pembangunan agar target tersebut tercapai.
     
    Saat ini dengan kapasitas Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat untuk tahun 2010 lalu baru mencapai Rp 9,5 triliun. Sedangkan untuk tahun 2011 ini sekitar Rp 9,92 triliun lebih. Demikian pula alokasi APBD untuk seluruh instansi vertikal yang didukung anggaran dekonsentrasi dan tugas pembantuan pada tahun 2010 lalu hanya Rp 45,44 triliun, sedangkan tahun 2011 menjadi sekitar Rp 54,40 triliun. Jumlah alokasi tersebut tentu masih jauh dari kebutuhan guna mencapai angka IPM ideal. Sehingga diharapkan adanya sinergi antara pemerintah, kalangan swasta dan masyarakat.
     
    "Dengan kondisi tersebut, maka diharapakan bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan mulai mengubah cara berpikir yang menempatkan pemerintah sebagai faktor penggerak utama, melainkan menjadikan dunia usaha dan masyarakat sebagai faktor penggerak utama. Karena diyakini sumberdaya yang ada di kalangan dunia usaha dan masyarakat jumlahnya lebih banyak dibanding yang dimiliki pemerintah," ujar Heryawan saat membuka Rapat Kerja Daerah ke-13 BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat tahun 2011 di Savoy Homman Bandung, Rabu (30/3).
     
    Selain meningkatkan alokasi pembiayaan pembangunan, Heryawan berharap lebih banyak tercipta para kader pengusaha yang memiliki semangat juang, pantang menyerah, penuh inovasi dan trampil. Merekapun harus mampu berpartisipasi dalam pembangunan khususnya di Jawa Barat. Mereka merupakan para pengusaha yang mampu menciptakan lapangan kerja baru. Diharapkan dengan semakin banyaknya wirausahawan baru, maka peluang dan lapangan kerja akan bertambah luas. "Kita ingin ada pertumbuhan jumlah pengusaha di Jawa Barat mencapai 2 persen dari jumlah penduduk," tegasnya.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus