Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dekranasda Kenalkan Produk Terbaik ke Pasar Turki

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_19951.jpg

    TURKI–Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu peserta perwakilan Indonesia dengan animo pengunjung tinggi pada Musiad Expo ke 16 Turki. MUSIAD adalah Asosiasi Industrialis & Pengusaha Independen di Turki (Mü?takil Sanayici ve ?? Adamlar? Derne?i) dan Expo ini dibuka langsung oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

    Ketua Dekranasda Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan keunikan stand Dekranasda di Expo ini karena menyajikan kerajinan khas Jawa Barat seperti tas, kelom geulis, payung Tasikmalaya, dsb.

    “Tujuan Dekranasda Jabar mengikuti Musiad Expo 2016 adalah mencoba membuka peluang promosi produk-produk kerajinan asal Jawa Barat. Karena ada banyak irisan dan latar belakang yang sama antara Indonesia dan Turki, seperti halnya penduduk yang mayoritas Muslim dan sejarah Islam yang kuat sehingga membuat beberapa produk dapat dikembangkan di Turki,” katanya Kamis (10/11/16) saat dihubungi via telepon oleh Humas Jabar.

    Agar ada sensasi experience, Netty memaparkan, ada craft education bagi para pengunjung. “Kita menghadirkan langsung seorang perajin batik, Bu Dodah, untuk mengajak dan mengajarkan para pengunjung untuk membatik serta langsung memperagakan bagaimana cara membuat Batik mulai dari awal prosesnya,” ungkap Netty.

    Lebih lanjut, jelas Netty, kegemaran masyarakat Turki akan kopi bisa menjadi peluang bagi masuknya kopi asal Jawa Barat.

    “Ketika produk kopi asal Jawa Barat dipamerkan dan disediakan testernya, ternyata mereka mengakui bahwa kopi Jawa Barat merupakan kopi yang enak dan aromanya harum berbeda dengan kopi yang lain,” kata Netty.

    Kekhasan kerajinan dan komoditas Jabar inilah yang menurut Netty membuat beberapa pengusaha Turki tertarik untuk melakukan penjajakan kerjasama.

    ”Tentunya ini sebuah peluang yang harus ditindaklanjuti, terutama karena komoditas kita seperti kopi puntang, sudah diakui kualitasnya di skala internasional,” paparnya.  

    Musiad Expo 2016 di buka oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan, dilaksanakan dari tanggal 9 – 12 November 2016. Pameran ini dihadiri oleh lebih dari 25 menteri dari negara-negara di dunia, di samping 5.000 pengusaha dari 65 negara, 150.000 pengunjung, dan 550 peserta pameran dari Turki dan dunia.

    Pada sambutannya, Presiden Edrogan menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Turki saat ini rata-rata 4 persen. Dia juga secara khusus menyebutkan, pemerintahannya sekarang

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus