Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Menperin Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Bogor

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20010.jpg

    KAB. BOGOR-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar bersama istri R. Giselawati Mizwar mendampingi Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mewakili Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mencanangkan atau launching program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

    “Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tentu sangat menyambut baik serta akan mendukung sepenuhnya upaya Kementerian Kesehatan dalam menyukseskan Germas, yang peluncurannya hari ini dipusatkan di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,” tutur Wagub dalam sambutannya.

    Kabupaten Bogor dipilih menjadi salah satu lokasi dari 10 kabupaten/kota di Indonesia untuk pencanangan program ini, selain Kota Batam, Kabupaten Bantul, Kota Jambi, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pandeglang, Kota Pare-pare, Kabupaten Purbalingga, Kota Surabaya, dan Kota Madiun.

    “Kabupaten Bogor menjadi hal yang khusus dipilih dan di Jabar menjadi satu-satunya karena Kabupaten Bogor juga mempunyai penduduk terbanyak di Jawa Barat,” ujar Airlangga.

    Pada kesempatan ini, Airlangga juga menekankan melalui Germas perlu didorong pengembangan industri berbasis kesehatan dengan memanfaatkan SDM yang ada di Kabupaten Bogor. Bogor bisa menjadi basis pengembangan industri di wilayah barat, seperti pengembangan industri atau pabrik pengolahan susu, dimana saat ini sudah ada 40 perusahaan, namun hanya lima perusahaan yang mampu menyerap susu dari peternak.

    Sementara itu, Menko PMK Puan Maharani menyebut bahwa Germas ini merupakan inisiasi dari Presiden Joko Widodo. Program ini dilakukan dalam rangka penguatan paradigma pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya Preventif dan Promotif tanpa mengenyampingkan upaya Kuratif dan Rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa.

    “Oleh karena itu, Germas tujuannya yaitu untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan. Karena meningkatnya penyakit akan meningkatkan pengeluaran kesehatan,” kata Puan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Menperin.  

    Puan juga mendorong semua pihak, termasuk kementerian/lembaga negara, pemerintah daerah, dunia usaha, tokoh agama, serta berbagai komponen masyarakat lainnya untuk berkomitmen dan bergotong royong meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat setiap individu masyarakat.

    Untuk itu, Pemerintah mengajak masyarakat agar membudayakan hidup sehat melalui perubahan pola hidup sehat, sehingga bisa membantu Pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan manusia Indonesia.

    “Sebuah langkah kecil seperti menjaga kesehatan rumah, mencuci tangan sebelum makan, ketersediaan air bersih, makan buah dan sayur yang cukup, olahraga cukup, tidur cukup, menjauhkan anak-anak dari rokok. Dengan harapan hal tersebut bisa memberikan dampak luar biasa bagi keluarga untuk jangka panjang,” ajak Puan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus