Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Kembali Serahkan 1.000 Sertifikat Halal Baru

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20053.jpg

    BANDUNG-Pemprov. Jabar kembali menyerahkan 1.000 sertifikat halal yang diberikan kepada pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM). Penyerahan sertifikat halal baru berlangsung di Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jawa Barat Kota Bandung, Kamis (17/112016).

    Kadis Perindag Jabar, Hening Widiatmoko, berkenaan dengan penyerahan sertifikat halal tersebut mengungkapkan penyerahan sertifikat halal yang berlangsung hari ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan daya saing produk IKM di Jabar serta mendorong kesadaran pelaku IKM akan pentingnya sertifikasi dan standarisasi produk dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

    "Penyematan label halal untuk produk IKM, selain untuk memastikan produk bahan olahan aman dikonsumsi juga untuk mendorong daya saing produk olahan Jabar" ujarnya.

    Sertifikasi halal Indonesia, jelas Hening masih tertinggal jauh dibandingkan Negara ASEAN lainnya. Berdasarkan data dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) sertifikat halal kurang dari 20%, sementara Negara Malaysia sudah diatas 90%.

    Rendahnya angka sertifikasi halal di Indonesia dipicu oleh minimnya kesadaran konsumen akan pentingnya label halal yang akuntabel. Sertifikasi halal, bukan hanya sekedar label tetapi tanda yang secara konsisten menginformasikan konsumen bahwa produk tersebut halal. Sertifikasi halal dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

    Dalam lima tahun terakhir LPPOM MUI telah mengeluarkan 13.136 sertifikat halal dari total produk yang beredar di Indonesia sejumlah 155.774. Sementara Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencatat 175.157 produk yang terdaftar saat ini, hanya sekitar 103.382 produk atau sekitar 59,01% yang telah mengantongi sertifikat halal MUI.

    "Pemprov. Jabar sangat konsen untuk pembuatan sertifikasi halal. Sejak tahun 2005 Pemprov. Jabar telah memfasilitasi sertifikasi halal bagi pelaku IKM. Komitmen ini, telah diakui oleh Pemerintah Pusat sehingga Jabar ditetapkan sebagai “Provinsi Halal”," imbuhnya.

    Selain itu, dari 27 Kabupaten/Kota yang berada di Jabar, sebanyak 14 Kabupaten/Kota telah menetapkan komitmen yang sama dan ditetapkan sebagai “Kabupaten/Kota Halal”. Keempat belas Kabupaten/Kota tersebut antara lain : Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kota dan Kabupaten Sukabumi, Kota Cimahi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Sumedang. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus