Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kadis Kominfo Kota Depok Berguru Pengembangan IT ke Diskominfo Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/kunker-diskominfo-depok.jpg

    BANDUNG- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Depok, Drs. Asep Rahmat, MSi melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar, Jalan Tamansari 55, Kota Bandung, Kamis (31/3).  Kadis Kominfo Kota Depok yang didampingi Kepala Seksi IT, Agus Setiawan dan Kepala Seksi Pengendalian Informasi, Hilam serta empat orang staf Diskominfo Kota Depok itu, diterima oleh Kepala Diskominfo Provinsi Jabar, Dr.H. Dudi Sudrajat Abdurachim, MT.

    “Tujuan kunjungan kerja kami ini selain untuk bersilaturrahim, juga untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai pengembangan teknologi Informasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Jabar, termasuk pengembangan website. Hasil kunjungan kerja ini akan dijadikan bahan bagi pengembangan teknologi informasi di Kota Depok,” kata Asep, usai diterima Kadis Kominfo Jabar kepada jabarprov.go.id

    Asep menjelaskan, untuk lima tahun ke depan seluruh kegiatan Pemerintahan Kota Depok harus berbasis IT. Oleh karena itu, katanya, Pemerintah Kota Depok akan segera membangun website di setiap OPD yang terhubung langsung dengan website Pemerintah Kota Depok.

    “Kami juga melakukan standardisasi pegawai dengan cara mengadakan pendidikan dan pelatihan agar mereka bisa mengoperasionalkan web-web tersebut,” katanya.

    Di Lingkungan Pemerintahan Kota Depok, menurut Asep, terdapat 34 OPD terdiri dari dinas, badan, lembaga dan kantor, ditambah 11 kantor kecamatan dan 63 kelurahan. Diskominfo Kota Depok telah membuatkan e-mail (alamat surat elektronik) sebanyak 382 e-mail bagi OPD sampai ke tingkat kelurahan. Setiap lembaga memiliki 3 buah e-mail, yaitu e-mail untuk dinas/badan/lembaga/kantor besrangkutan, e-mail untuk kepala dinas/badan/lembaga/kantor dan e-mail untuk sekretarisnya.

    “Jadi kalau ada informasi dari masyarakat bisa langsung dialamatkan kepada e-mail-e-mail tersebut sesuai dengan materi dan bidangnya,” katanya.

    Selain itu, Pemerintah Kota Depok juga memiliki call center. Kalau ada pengaduan dari masyarakat misalnya terkait dengan pelayanan publik di lingkungan pemerintahan Kota Depok, bisa langsung disampaikan melalui call center tersebut. Selain bisa disampaikan langsung, pengaduan juga bisa disampaikan melalui twitter atau SMS.

    Terkait dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Asep menjelaskan, Walikota Depok telah mengeluarkan SK Pembentukan/Penunjukkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk setiap OPD di lingkungan Pemerintahan Kota Depok. Dalam waktu dekat ini, menurut Asep, Para PPID tersebut akan diberi pendidikan dan pelatihan tentang tugas pokok dan fungsi PPID.

    “Insya Allah, kami akan mengundang pejabat Diskominfo Provinsi Jabar untuk menjadi nara sumbernya,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus