Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dari Gelaran Teknologi Tepat Guna Nasional di Kota Mataram

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20133.jpg

    MATARAM-Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Posyantek Berprestasi Nasional yang berlangsung di Kota Mataram NTB, Rabu (23/11), dibuka secara resmi oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.

    Di acara tersebut, dilakukan penyerahan penghargaan kepada gubernur, walikota dan bupati yang berprestasi dalam membina dan memfasilitasi pemberdayaan masyarakat desa melalui penerapan teknologi tepat guna, salah satu diantaranya ialah Gubernur Jawa Barat dan Bupati Bandung Barat.

    Menteri Eko Putro Sandjojo dalam sambutannya, menungkapkan, dibalik banyaknya protes dan keluhan dari masyarakat, ekonomi Indonesia sudah mulai diperhitungkan dunia. Potensi masyarakat Indonesia sangat besar, tinggal bagaimana kita mengelola berbagai macam budaya dari sekian banyak daerah yang berbeda-beda agar bisa bersatu dan menjadi kekuatan nasional.

    Jangan sampai malah terpecah belah, karena dengan adanya perpecahan berarti mundur 100 tahun untuk menyatukan kembali, ujar Eko.

    Lanjut Menteri Eko, Indonesia menjadi negara pertama di dunia dimana desa diberikan kuasa penuh untuk mengurus anggaran. Indonesia jang menjadi model dan sedang menjadi percontohan negara lain di dunia tentang pengelolaan anggaran hingga tingkat desa. 

    Menteri Eko sangat berharap penggunaan teknologi tepat guna di bidang pertanian. Saat ini, petani Indonesia hanya bisa panen 1,4 kali per tahun, padahal apabila ada air dan teknologi yg tepat, maka panen per tahun bisa ditingkatkan menjadi 3-4 kali. Untuk itu kata Menteri Eko, presiden berpesan untuk meningkatkan anggaran untuk desa dari Rp 46,78 trilyun menjadi Rp 60 trilyun, yang Rp 20 trilyun untuk membangun embung desa untuk penampungan air dan irigasi. 

    Dan diharapkan juga dengan adanya inventor teknologi tepat guna, dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas berbagai macam sektor ekonomi di pedesaan, seperti pertanian, pariwisata, dan sektor lainnya.

    Selamat kepada Gubernur Jawa Barat dan Bupati Kab. Bandung Barat yang menerima penghargaan atas keberhasilannya  melakukan pembinaan, fasilitasi, dan pemberdayaan masyarakat melalui teknologi tepat guna Tahun 2016.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus