Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Di Jawa Barat, Keterbukaan Informasi dan Humas Sudah Baik

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20162.jpg

    KOTA BANDUNG -- Keterbukaan informasi dan hubungan masyarakat (humas) di Jawa Barat sudah berlangsung baik. Sinergi antar sektor juga sudah terjadi terjadi dan tinggal dioptimalkan. 

    Menurut Karo Humas Protokol Umum (HPU) Pempro Jawa Barat Sonny S. Adisudarma, dalam tahun-tahun terakhir ini, tidak kurang dari 10 kota dan kabupaten di Jabar menerima penghargaan atas kinerja keterbukaan informasi, sebuah transparansi dan komunikasi dialogis pemerintah-masyarakat. 

    Bahkan, selama lima tahun berturut-turut, juga menerima anugerah dari negara sebagai juara umum penghargaan Anugrah Media Humas (AMH), termasuk akhir pekan lalu di Kota Bandung. 

    "Ini tentu tidak hadir begitu saja. Kehadirannya hasil kerja keras kolektif, banyak pihak yang ikut andil, untuk itu sinergi adalah solusi bagi percepatan pembangunan, produktifitas kinerja, dan keberlanjutan di banyak sektor," katanya saat memberi sambutan dalam Gala Dinner 2ND ICOTIC 2016 Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University di Aula Barat Gedung Sate, Rabu (23/11/2016) malam. 

    Menurut dia, kondisi tersebut juga menunjukkan pemerintah telah terbuka. Telah turut serta arus kemajuan teknologi komunikasi, yang terimplementasikan ke banyak kedinasan di lingkungan provinsi jawa barat. Meskipun memang, kekurangan masih saja terdeteksi sebagai bentuk proses yang tidak pernah final.

    "Kami merasa terhomrat mendapat kunjungan saudara-saudari sebagai bagian helatan konferensi internasional ICOTIC bertajuk sinergi lintas sektor kreatif individual, komunitas dan masyarakat. Tema tersebut sangat relevan dan menjadi kebutuhan kita semua, seiring transformasi teknologi komunikasi, dari era konvensional menuju era digital," katanya. 

    Pemprov Jabar, sambung dia, telah merespon kemajuan tersebut dengan upaya berkelanjutan, visi dan misi berkemajuan, mengarus pada zaman. Salah satu wujudnya adalah inisiasi digitalisasi pemerintahan yang mana pembangunan daerah dan masyarakat berbasis akses teknologi informasi. 

    Bidging communities dari konfrensi yang digagas Ilmu Komunikasi Telkom University ini tentu sangat membantu pemerintahan untuk kemajuan. Terlebih ICOTIC berhasil mengumpulkan tidak kurang dari 70 makalah hasil riset, yang tentu sangat dibutuhkan pemangku kepentingan sebagai acuan inovasi lintas sektor, baik itu politik, hukum, bisnis, dan kemanusiaan pada umumnya.

    "Barangkali ini, yang jauh-jauh hari diramalkan Marshall Mcluhan dalam karyanya the medium is the message. Selain mesin yang tumbuh berkembang dan transformasi dinamis teknologi, ternyata ada respon massif lainnya, yakni transformasi masyarakat dari masyarakat konvensional menuju masyarakat informasi, yang mana landasan berperilakunya bergantung pada akses dan pasokan informasi," pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus