Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    DJKN Jabar Gelar BMN Award 2016

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20259.jpg

    BANDUNG–Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Barat, menggelar Apresiasi Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN Award) tingkat Koordinator Wilayah Kementerian/Lembaga dan Sertifikasi Barang Milik Negara Berupa Tanah Tahun 2016, di Auditorium Gedung Keuangan Negara Jabar, Jl. Asia Afrika Bandung, Kamis (01/12/2016).

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, mengapresiasi diadakannya kegiatan yang juga ditujukan sebagai momen peringatan satu dasawarsa DJKN ini. Aher, Gubernur Jabar akrab disapa menyatakan bahwa kegiatan penghargaan seperti ini baik untuk dilaksanakan sebagai pemicu prestasi.

    “Ini bagus memberi penghargaan berarti mengapresiasi yang sudah bekerja dengan baik, sekaligus memicu yang lain untuk berprestasi,” kata Aher.

    Pada acara tersebut, Aher membagikan pengalamannya sebagai Kepala Daerah di Jawa Barat dalam mengelola aset daerah, yang membuat Provinsi Jawa Barat selama lima kali berturut–turut mampu mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Tahun Anggaran 2011-2015.

    “Alhamdulillah saya tadi ceritakan bahwa WTP itu pendukungnya banyak, tidak hanya aset, tapi aset itu paling menentukan biasanya karena banyaknya daerah yang gagal dapat WTP itu gara–gara aset yang belum dikelola dengan baik biasanya,” ungkapnya.

    Gubernur menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk memelihara aset daerah sebaik–baiknya, serta meningkatkan kualitas laporan keuangan sebaik mungkin, sekaligus mempertimbangkan manfaat yang dihasilkan dari upaya-upaya tersebut.

    Dilandasi komitmen tersebut, Aher menuturkan sejumlah langkah yang ditempuh dalam mempertahankan prestasi tersebut, diantaranya seperti perancangan regulasi, pembuatan aplikasi berbasis teknologi informasi untuk pengadaan barang dan jasa (e-Procurement).

    Gubernur juga mengatakan, pihaknya telah mengupayakan pengembangan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang keuangan, dan pengelolaan aset. Seperti merekrut dan menyekolahkan Akuntan, ataupun menambah kuota PNS pada bidang terkait pengolaan aset dan keuangan.

    “Nah, untuk aset itu kita membuat tim khusus yang menangani aset, kemudian di lapangannya asetnya dipelihara, dijaga, kemudian berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk disertifikatkan, kemudian disistemkan lewat aplikasi teknologi informasi, dicatat secara elektronik sehingga penataan barang daerah mudah untuk dikontrol,” tutur Aher.

    Sementara itu, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Nuning Sri Rejeki Wulandari terkait kegiatan awarding atau penghargaan, mengatakan bahwa penilaian diberikan kepada instansi peraih, diberikan sesuai dengan asas 3T, yakni: Tertib hukum, Tertib administrasi, dan Tertib fisik. “Tiga T itu harus melekat satu sama lain dalam pengelolaan aset milik negara,” katanya.

    Pun dalam hal peningkatan pengelolaan aset negara/daerah adalah dalam rangka membangun reputasi sebagai pengelola barang negara itu sendiri, sebagai upaya membangun kekayaan negara di setiap koordinator wilayah.

    “Kami harapkan ini menjadi momentum yang baik kedepannya, bahwa kita memiliki kepedulian, perhatian yang besar bahwa negara memiliki aset yang harus dikelola dengan baik, dan ini tujuannya adalah untuk kemakmuran masyarakat, dan mendukung perekonomian negara,” pungkas Nuning.

    Adapun Penerima BMN Award:

    -Kategori Utilisasi (Korwil dengan jumlah satker sampai dengan 10): 1. Lanud Wiriadinata, 2. IPDN, 3. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung;
    -Kategori Utilisasi (Korwil dengan jumlah satker diatas 10): 1. Polda Jabar, 2. BNN Jabar, 3. Kanwil BPN Jabar;
    -Kategori Kepatuhan Pelaporan (Korwil dengan jumlah satker sampai dengan 10): 1. PTUN Bandung, 2. Puslitbang Jalan & Jembatan, 3. Balai Besar Pulp & Kertas;
    -Kategori Kepatuhan Pelaporan (Korwil dengan jumlah satker diatas 10): 1. Kanwil DJPb Jabar, 2. Kanwil Kumham Jabar, 3. BPS Jabar;
    -Kategori Continuous Improvement: 1. Kodiklat TNI AD;

    Apresiasi Kantor Pertanahan yang Ikut Serta Program Sertifikasi Tahun 2016:
    -Penerima Penghargaan: 1. Kantah Kab. Indramayu, 2. Kantah Kota Bandung, 3.Kantah Kab. Garut;
    -Peer Collaborator: 1. Kanwil BPN Provinsi Jabar.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus