Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Rumah Cemara Peringati Hari AIDS Sedunia

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20276.jpg
    health.kompas.com

    BANDUNG-Rumah Cemara bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) dan Next Level, sebuah pengelola kompetisi musik dan tarian hip hop di AS yang dikenal luas dengan Next Level Hip Hop Competition.

    Acara ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 1 Desember, di Auditorium RRI Bandung, Jl. Diponegoro No. 61, Bandung. Sebanyak 60 peserta dari 13 kota menunjukkan kebolehannya di atas panggung hip hop sejak pukul 17.00 hingga pukul 22.00. Pagelaran ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai HIV/AIDS.

    Sebelumnya, seluruh peserta yang tampil pada pertunjukan ini dilatih dalam sebuah lokakarya oleh empat pengajar profesional asal AS sesuai jenis, minat, dan bakat masing-masing. Lokakarya selama 10 hari yang diadakan di Rumah Cemara itu dibagi empat kelas, yaitu DJ dengan instruktur Erica Parpan dari San Fransisco, kelas Beat Making dilatih oleh Vincent Czekus asal Richmond, sedangkan Rap dipercayakan pelatihannya kepada George Yamazawa dari Los Angeles, dan Stringz yang asli Detroit mengajar di kelas Break Dance.

    Seluruh peserta yang mendaftar berasal dari komunitas pengidap HIV/AIDS, konsumen NAPZA, anak-anak jalanan, serta komunitas hip hop di berbagai kota di Indonesia.

    Next Level adalah program pelatihan musik dan budaya yang didukung oleh Biro Pendidikan dan Budaya Amerika Serikat dan dikelola oleh University of North Carolina (UNC) di Chapel Hill, North Carolina, AS. Mereka juga telah mengadakan pelatihan serupa di Aljazair, Tunisia, Brasil, Kroasia, dan Kuba.

    "Program ini bertujuan memberdayakan anak muda melalui media musik hip hop. Rumah Cemara dipercaya sebagai mitra lokal karena dianggap sebagai organisasi di Indonesia yang sasaran kerjanya kebanyakan anak muda yang memiliki permasalahan sosial," ujar Tri Irwanda, Media Relation Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jabar.

    Ketua acara Program Next Level Indonesia, Rijki Kurniawan, menilai kegiatan ini sangat menarik. Berbaurnya peserta dari berbagai latar belakang menjadi pemandangan yang enak ditonton. Suasana pelatihan pun begitu ceria bagi peserta, panitia, dan staf Rumah Cemara.

    “Seluruh peserta berasal dari latar belakang berbeda-beda seperti komunitas pengidap HIV/AIDS, konsumen NAPZA, dan komunitas hip hop. Hari ini adalah panggung sesungguhnya bagi mereka untuk menunjukkan segala kemampuannya di depan banyak penonton,” tutur Rijki penuh semangat.

    Acara yang digelar dalam rangka peringatan HAS ini juga menyisipkan sejumlah informasi mengenai HIV/AIDS. Di tengah acara, Rumah Cemara mengajak pengunjung untuk mengenakan pita merah sambil melakukan mannequin challenge. Aksi yang sedang tren ini diharapkan mampu menyedot perhatian masyarakat.

    Rumah Cemara berencana terus melanjutkan program pemberdayaan anak muda melalui musik seperti ini. Beberapa peralatan hibah dari tim Next Level akan dijadikan inventaris Rumah Cemara yang dapat digunakan oleh siapapun dengan seizin pihak yang bertanggung jawab di Rumah Cemara. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus