Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Plt Bupati Subang: Cegah HIV/AIDS!

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20310.jpg

    SUBANG-Plt Bupati Subang prihatin mengenai penyebaran HIV di Subang. Oleh karena itu semua pihak harus berperan dan  bertanggung jawab untuk mencegah penyebaran HIV AIDS, khususnya di lingkungan pendidikan supaya mengingatkan tentang bahaya seks bebas.

    “Terutama di lingkungan pendidikan harus disosialisasikan tentang bahaya seks bebas, agar ketika masa remaja mengetahui bahwa seks bebas itu berbahaya. Diharapkan jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Subang menurun,” ujarnya ketika memberikan sambutan saat breefing staf di Ruang Rapat Bupati, Senin (5/12).

    Kemudian kepada penderita Imas berharap supaya tetap semangat dan untuk rutin dan rajin minum obat.

    Dalam briefing staf ini dilakukan pemaparan strategi dan kebijakan serta capaian KPA dalam menanggulangi HIV dan AIDS di Kabupaten Subang.

    Selanjutnya, kata Sekretaris Daerah, Abdurakhman dengan adanya Komisi Penanggulangan AIDS dapat memantau perkembangan AIDS di Kabupaten Subang.

    "Penularan HIV AIDS dapat dicegah melalui tidak melakukan hubungan seks beresiko, setia terhadap pasangan, menggunakan kondom pada setiap hubungan seks beresiko, dan jauhi penyalahgunaan narkoba," kata Abdurakhman. 

    Yayasan Darmodiharjo Kabupaten Subang memiliki tempat rehabilitasi penanggulangan korban narkoba dan HIV melalui pendekatan terapi, pemberian penyuluhan, dan pendekatan diri untuk menjauhkan sugesti. Diharapkan dengan adanya tempat rehabilitasi dapat mengobati para penderita HIV dan pecandu narkoba di kabupaten subang.

    Dijelaskan oleh Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Subang, Dr Maxi SH. MH.Kes., penyebab Kabupaten Subang menjadi salah satu daerah berisiko penularan HIV dan AIDS karena adanya jalan transnasional pantura, adanya tol Cipali, industrialisasi yang semakin meningkat, banyaknya lokasi wisata baik di dataran rendah dan tinggi, adanya akses jalur dari pantura pamanukan sampai ke ciater yang begitu ramai dan nyaman dilewati, serta menjamurnya tempat hiburan, rumah makan, dan hotel. 

    Adapun kegiatan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Subang dengan adanya surat Keputusan Bupati No. 443 tentang pembentukan Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Subang dan Peraturan Daerah Kabupaten Subang Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Kabupaten Subang diantaranya adalah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) pencegahan HIV melalui Transmisi Seksual serta Pokja Pengurangan Dampak Buruk serta Warga Peduli AIDS. 

    Program yang akan dilaksanakan diantaranya peningkatan sarana dan prasarana kantor, pemetaan dan penjangkauan di kelompok resiko tinggi, pembentukan dan penguatan warga peduli AIDS di Kabupaten Subang, Sosialisasi HIV AIDS di Kelompok masyarakat luas terhadap kelompok resiko rendah dan tinggi, mendorong adanya tempat rehabilitasi ODHA, penderita, pencandu narkoba dan anak jalanan yang komprehensif di Kabupaten Subang. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus