Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RUU Perlindungan PRT Perlu Jadi Prioritas Prolegnas 2017

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20340.jpg

    BANDUNG-RUU tentang Perlindungan Pembantu Rumah Tangga (PRT) perlu menjadi prioritas dalam Prolegnas tahun 2017. Fraksi PKS DPR RI berkomitmen untuk memerjuangkan aspirasi dari para PRT terkait pembahasan RUU Perlindungan PRT dalam Prioritas Prolegnas 2017.

    Hal itu sebagaimana ditegaskan oleh Anggota Badan Legislasi dari Fraksi PKS, Junaidi Auly, dalam rilis yang diterima jabarprov.go.id, Kamis (8/12).

    Junaidi lebih lanjut mengatakan RUU tentang PRT harus menjadi prioritas dalam Prolegnas tahun 2017. Dengan memperjuangkan rencana terbitnya regulasi tersebut, merupakan bentuk advokasi memerjuangkan hak, pengakuan, serta soal etika hubungan antara majikan dengan PRT dalam bentuk perlindungan dalam peraturan perundang-undangan.

    "Dukungan aspirasi juga banyak datang dari masyarakat yang meminta adanya UU yang mengatur perlindungan PRT. Dari hasil jaring aspirasi tersebut, masyarakat menuntut banyak hak-hak, pengakuan, dan peraturan jam kerja, bahkan soal etika kerja, yang banyak sekali dikeluhkan oleh para PRT ini,” katanya.

    Junaidi mencontohkan beberapa persoalan dari para PRT ini adalah mengenai upah yang jauh di bawah Upah Minimum Regional (UMR), kekerasan fisik, pelecehan seksual, hingga kerja lebih dari waktu yang ditentukan (overtime).

    Dari jaring aspirasi, terungkap pada tahun 2015 sudah tercatat 228 kasus kekerasan PRT, bahkan banyak sekali hak-hak PRT yang dilanggar oleh majikan,” ujar Junaidi mengakhiri penjelasannya. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus